Oleh: Setiani Putri Hendratno

Sebagai seorang akuntan, kita tidak akan pernah bisa lepas dari integritas akan perusahaan tempat kita bekerja. Sebagai salah satu divisi yang cukup berdekatan dengan keuangan, tentu menjadi hal penting bahwa kita harus menjaga kerahasiaan tersebut.

Kerahasiaan dari data dan aktivitas keuangan perusahaan tidak akan pernah lepas dari tanggung jawab dan integritas dari akuntan itu sendiri. Akuntan harus bisa tetap memegang teguh tanggung jawab yang diberikan oleh perusahaan kepadanya dan juga memegang teguh kerahasiaan perusahaan adalah paling utama.

Dari hal yang sederhanya, misalkan jika seorang akuntan diberikan ruangan khusus dikarenakan banyaknya data terkait dengan laporan keuangan, jangan sampai ruangan tersebut menjadi ruangan untuk khalayak ramai untuk makan atau sangat terbuka sampai marketing boleh masuk ke ruangan walaupun tanpa adanya keperluan di sana.

Selain itu juga, perlu adanya integritas dari divisi finance and accounting yaitu untuk berani mengutarakan hal yang memang bisa membuat perusahaan rugi yaitu misalnya ada ditemukan kecurangan di dalam tiket bis yang digunakan untuk marketing berangkat. Tiket bis tersebut disobek pada bagian tanggal, serta bagian marketing tersebut tidak bisa membuktikan bahwa memang dia pergi ke customer untuk bekerja dan berjualan.

Sebagai seorang akuntan tentunya harus melaporkan hal tersebut ke manajemen agar dapat ditindaklanjuti oleh manajemen sesuai dengan peraturan yang berlaku di dalam perusahaan tersebut.