Pemeriksaan dan pengelolaan arus keuangan yang berjalan dalam perusahaan perlu dilihat secara teliti yang bertujuan untuk dapat memberikan saran, masukan, konsultasi, dan pengarahan untuk menentukan performa perusahaan dengan lebih baik di masa depan. Tentunya dalam mengarahkan fokus kepada perbaikan dan peningkatan kondisi lingkungan dan komunitas, perusahaan menggunakan tujuan SDG (Sustainable Development Goals) sebagai pedoman untuk mengarahkan para pimpinan perusahaan untuk bergerak mengalokasikan dana anggaran untuk dapat digunakan secara efektif dan memadai.

Audit merupakan kegiatan pemeriksaan, penelusuran, dan analisis berbagai macam jenis transaksi yang dilakukan oleh perusahaan untuk memastikan bahwa pencatatan laporan keuangan perusahaan telah sesuai dengan transaksi yang ada dan seturut dengan standar akuntansi keuangan. Audit dilaksanakan oleh profesi auditor professional yang terintegrasi untuk dapat melakukan pengevaluasi secara independen dan skeptis tanpa memihak siapapun. Dalam hal ini, audit terhadap climate change untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan telah menjadi topik yang ngetrend dalam rangka meningkatkan operasional bisnis terkait dengan perubahan kondisi alam dan cuaca yang mempengaruhi kondisi pasar.

Perkembangan teknologi dapat membantu proses pengevaluasian dan analisis terkait dengan kondisi alam yang seringkali menjadi sulit diprediksi karena prakiraan cuaca yang berubah-ubah tidak hanya mengubah permintaan dan penawaran dalam pasar, melainkan mengubah susunan kondisi sumber daya yang dapat rusak akibat dari perubahan disruptif tersebut. Oleh karena itu, para auditor harus selalu berlangkah-langkah kedepan untuk dapat memastikan penganggaran dana sudah dilakukan secara maksimal dan efisien untuk menjamin kondisi kebutuhan kita.

ANM

REFERENSI:

https://home.kpmg/xx/en/home/services/advisory/risk-consulting/internal-audit-risk/sustainability-services.html

https://www.iia.org.uk/policy-and-research/research-reports/organisations-preparedness-for-climate-change-an-internal-audit-perspective/