Accounting

Langkah Pencegahan Covid-19 Oleh PwC Indonesia guna Mengantisipasi dan Menjaga Keamanan Pihak Internal dan External

Kehadiran Virus Corona (Covid-19) mengakibatkan kepanikan serta kegelisahan yang dirasakan oleh masyarakat secara global. Tatanan perekonomian dan aktifitas masyarakat menjadi terhambat dengan menyebarnya wabah yang semakin meningkat tiap harinya. Adanya virus corona mempengaruhi ruang lingkup pekerjaan seperti perusahaan-perusahaan yang memberlakukan aturan Work from Home terhadap seluruh pekerja sesuai dengan anjuran pemerintah dimana salah satu perusahaan yang menjalankan aturan tersebut adalah Kantor Akuntan Publik (KAP) yang merupakan salah satu dari Big Four, PricewaterhouseCoopers (PwC).

PwC Indonesia telah menerapkan sejumlah langkah-langkah yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan, melindungi karyawan dan klien serta antisipasi terhadap wabah virus corona yang telah menyebar dengan cepat sambil memperhatikan tingkat pelayanan yang dapat diberikan dengan mutu standar yang setinggi mungkin. Sejak 2 Maret 2020, I Tanudiredja selaku Senior Partner dari PwC Indonesia merilis pemberitahuan melalui website PwC Indonesia yang memberlakukan work from home terhadap karyawan dan klien yang bekerjasama dengan PwC Indonesia sesuai dengan arahan dari pemerintah. Pada 16 Maret 2020 mulai diwajibkan untuk melakukan pekerjaan dari rumah kecuali untuk urusan bisnis yang mendesak. Selain itu, PwC Indonesia juga akan membangun jaringan dengan PwC dari berbagai negara lainnya untuk mempelajari tiap cabang PwC dari seluruh negara dalam menghadapi tantangan Covid-19.

Mengenai hal tersebut dapat ditinjau lebih jauh bagi perusahaan-perusahaan besar maupun kecil lainnya yang masih beroperasi untuk menghimbau para karyawan untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dari rumah. Hal ini bertujuan agar dapat menjaga keselamatan dan keamanan dari masing-masing karyawan perusahaan. Selain memperhatikan dalam ruang lingkup internal, perusahaan perlu memperhatikan pihak external berupa klien yang mempercayakan suatu tanggung jawab terhadap perusahaan serta para pemangku kepentingan seperti para investor. Melakukan pekerjaan dari rumah tidak menurunkan produktivitas selama perusahaan tetap memikirkan rencana kedepan dalam memberikan kualitas layanan dengan standar setinggi mungkin serta meningkatkan efektifitas dalam bekerja dan efisiensi waktu.

ANM

Referensi:

https://www.pwc.com/id/en/message-from-pwcid-territory-senior-partner.html

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4210445/1-karyawan-meninggal-diduga-akibat-virus-corona-ini-penjelasan-pwc