Tekanan anggaran waktu adalah keadaan yang menunjukkan auditor dituntut untuk melakukan efisiensi terhadap anggaran waktu yang telah disusun atau terdapat pembahasan waktu anggaran yang sangat ketat dan kaku. Tekanan anggaran waktu juga dapat diartikan sebagai tekanan yang muncul dari terbatasnya sumber daya yang dimiliki dalam menyelesaikan pekerjaan, dalam hal ini diartikan sebagai waktu yang diberikan untuk menyelesaikan tugas. Keberadaan tekanan anggaran waktu ini memaksa auditor untuk menyelesaikan tugas secepatnya/sesuai dengan anggaran waktu yang telah ditetapkan.Agar menepati anggaran waktu yang telah ditetapkan, ada kemungkinan bagi auditor untuk melakukan pengabaian terhadap prosedur audit bahkan pemberhentian prosedur audit.

Dalam proses audit khususnya audit keuangan, jika alokasi waktu untuk penugasan tidak cukup, maka auditor mungkin mengkompensasikan dengan kerja mereka dengan cepat dan hanya menyelesaikan tugas-tugas yang penting saja sehingga mungkin menghasilkan kinerja yang tidak efektif. Dengan tidak efektifnya kinerja yang dilakukan oleh auditor akibat adanya tekanan anggaran waktu, maka hal ini akan mempengaruhi dari kualitas audit yang dilakukan oleh auditor.

Dalam melakukan pekerjaan mereka, meskipun mereka telah dibebani dengan tekanan kepatuhan, auditor juga masih dibebani oleh keterbatasan waktu. Laporan keuangan ditutup pada tanggal 31 Desember, dan laporan auditor independen harus diselesaikan selambat-lambatnya 90 hari setelah atau 31 Maret tahun berikutnya. Memasuki revolusi industri 4.0, semua pekerjaan beralih ke otomatisasi dan menggunakan komputer. Penggunaan sistem komputerisasi diduga mempercepat pekerjaan, termasuk pekerjaan auditor. Dalam audit ada juga perangkat lunak audit yang dapat membantu mempercepat pekerjaan auditor. Masalahnya adalah kemampuan auditor komputer. Auditor harus dapat memiliki kemampuan di bidang komputer untuk menjadi mahir dalam menggunakan perangkat lunak audit yang disebut perangkat lunak audit umum. Dengan menggunakan perangkat lunak, auditor dapat memenuhi tekanan anggaran waktu untuk menyelesaikan audit tepat waktu.

BLH

Image Source: Google Image