Implikasi Pengajaran Akuntansi

Menghadapi kemajuan Teknologi Informasi, seorang dosen akuntansi tidak bisa mengajar dengan kemampuan yang biasa biasa saja secara konvensional. Namun harus terus mengasash dan meng-upgrade dirinya agar terus terampil, mahir dan up date dengan kemajuan teknologi. Menurut Azizul Islam dari Jurusan Akuntansi, Quensland University of Technology (Brisbane, Australia) ada tiga perubahan dalam pengajaran dan penelitian akuntansi dimasa yang akan datang terkait dengan kemajuan teknologi informasi terkini.

Azizul Islam memaparkan bahwa seorang dosen haruslah melakukan hal hal sebagai berikut:

Akuntan masa depan akan semakin membutuhkan pendidikan dalam teknologi digital (termasuk cloud computing dan penggunaan big data), globalisasi (outsourcing layanan akuntansi), dan peraturan yang berkembang (peraturan pajak, bentuk-bentuk baru pelaporan perusahaan, peraturan pelaporan terintegrasi, dan sebagainya).. Saat ini, akuntan kurang pengetahuan dalam transformasi peraturan pengungkapan baru, bentuk pengungkapan baru, dan kesadaran tentang keterkaitan pelaporan keuangan dan non-keuangan. Akuntan profesional akan membutuhkan keterampilan untuk menyediakan lebih banyak pelaporan perusahaan yang mencakup semua, yang menceritakan lebih sedikit tentang angka dan lebih banyak tentang narasi organisasi.

Universitas perlu mengembangkan atau menggabungkan unit baru, seperti komputasi awan, data besar, teknologi digital, pelaporan terintegrasi, penghitungan emisi karbon, dan sebagainya untuk mahasiswa akuntansi. Organisasi akuntansi profesional harus berkonsultasi dengan universitas untuk mengumpulkan ahli / dosen di bidang baru dan menjalankan kursus baru. Pada saat yang sama, universitas harus berinvestasi dalam anggota fakultas yang ada untuk pelatihan dan pembelajaran atau merekrut ahli untuk mengoordinasikan dan memberi kuliah unit baru.

Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa, dosen, kampus, pemerintah, organisasi profesi harus berbenah diri untuk mengantisipasi kemajuan teknologi ini agar akuntansi tetap eksis dan bisa terus memberikan manfaatnya dalam dunia bisnis dan akuntan bisa terus involved didalamnya.

Referensi.Sumber:

https://www.ifac.org/knowledge-gateway/preparing-future-ready-professionals/discussion/future-accounting-profession-three