Menulis Kutipan dan Referensi Menggunakan APA dan IEEE Style

Teman – teman peneliti dalam membuat penelitian pasti akan berurusan dengan yang namanya penulisan kutipan dan referensi atau daftar pustaka. Jelas saja teman – teman, tentu kita tidak mau dibilang plagiat apalagi mencuri tulisan orang lain. Kita harus menulis dari mana sumber dari tulisan kita itu. Dalam kita membuat penelitian seperti skirpsi, tesis, disertasi maupun makalah tentu kita harus menyebutkan kutipan dari sumber mana kita mengutip dan menampilkannya dalam referensi. Terlebih lagi ketika kita akan mempublikasikan karya ilmiah kita di publikasi seperti prosiding dan jurnal baik nasional maupun internasional.

Ketika akan publikasi di prosiding dan jurnal teman – teman akan berkenalan dengan dua macam gaya penulisan kutipan yang sering digunakan, yaitu American Psychological Association (APA) style dan Institute of Electrical and Electronics Engineering (IEEE) style. Tergantung kepada jurnal maupun prosiding konferensinya memandatkan untuk menggunakan kutipan jenis APA atau IEEE. Bagaimana perbedaan diantara keduanya? Mari teman – teman simak penjelasan berikut ini:

APA Style

Tipe ini banyak digunakan ketika teman – teman menyusun penelitian di kampus seperti skripsi. Gaya pengutipan APA adalah gaya yang berlaku umum berformat penulis-tanggal (author-date) yang digunakan untuk mengutip dan memberikan sumber informasi untuk tugas tertulis maupun publikasi ilmiah (Mandernach et al., 2016). Nama belakang penulis ditulis bersamaan dengan tahun penulisan.

Penulisan referensi jenis APA ini berdasarkan aturan alphabet, dimana yang dimulai dengan abjad awal ditulis terlebih dahulu. Misalnya penulis yang nama belakangnya (family name) diawali dengan huruf A ditulis terlebih dahulu sebelum penulis yang nama belakangnya diawali dengan huruf B.

Contoh penulisan kutipan dengan APA style: (Handoko et al., 2020) dan penulisan referensi menggunakan APA style:

Handoko, B.L., Lindawati, A.S.L., Budiarto, A.Y. 2020. Using Mixed Reality to Provide Experience for Internship Students in the Field of Auditing Studies During Covid 19. In The 2020 2nd International Conference on E-Business and E-commerce Engineering (EBEE 2020), December 29-31, 2020, Bangkok, Thailand. ACM, New York, NY, USA, 9 pages.

IEEE Style

Tipe ini banyak digunaka ketika teman – teman submit peneltiian ke jurnal atau prosiding. Dalam penulisan daftar pustaka dengan menggunakan IEEE style, ketentuannya adalah diberi nomor, seperti berikut: [1], urut dari kutipan yang pertama sampai dengan yang terakhir

Referensi dengan IEEE style menggunakan angka numerik yang diletakkan dalam kotak persegi atas rujukan yang diambil dan menaruhnya pada akhir kalimat.

Angka numerik yang terletak dalam kotak persegi tersebut dibuat sama persis dengan daftar pustaka pada halaman akhir karya ilmiah.

Informasi umum penulisan daftar pustaka dengan mengacu pada IEEE style, adalah sebagai berikut (Pandey et al., 2020):

  1. Daftar entri harus sama persis dengan urutan numerik yang sama dengan teks.
  2. Nama pertama dari penulis dituliskan dalam bentuk inisial dan nama belakang ditulis lengkap.
  3. Huruf pertama pada kata pertama sebuah artikel atau judul bab ditulis kapital, sedangkan untuk judul buku ditulis huruf kapital pada awal setiap kata.
  4. Judul artikel atau judul bab diberikan tanda kutip, sedangkan judul buku, jurnal, dan website dicetak miring.

Berikut ini format penulisan kutipan dan contoh penulisan daftar pustaka dengan menggunakan IEEE style: [1]

[1]   B. L. Handoko, A. Swat, L. Lindawati, and M. Mustapha,”Application of Computer Assisted Audit

        Techniques in Public Accounting Firm,” International Journal of Management, vol. 11, no. 5 pp. 222-

        229, 2020, doi: 10.34218/IJM.11.5.2020.022.

Apapun jenis tipe penulisan referensinya, untuk memudahkan dalam penulisan kutipan, teman – teman peneliti dapat menggunakan perangkat lunak seperti: Mendeley, End Note. Perangkat lunak tersebut dapat langsung membuat format kutipan secara otomatis.

Referensi:

  • Mandernach, B. J., Zafonte, M., & Taylor, C. (2016). Instructional Strategies to Improve College Students ’ APA Style Writing. 27(3), 407–412.
  • Pandey, S., Pandey, S., Dwivedi, S., & Pandey, D. (2020). Methods of Various Citing and Referencing Style : Fundamentals for Early Career Researchers. Publishing Research Quarterly, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s12109-020-09726-0

Image Sources: Google Images

Bambang Leo Handoko, S.E., M.M., M.Si.