Implikasi Kemajuan Teknologi Informasi Terhadap Riset Akuntansi

Dalam melaksanakan penelitian, seorang dosen akuntansi sekarang ini harus lebih bersifat kolaboratif dengan dosen lainnya bahkan antar disiplin ilmu. Hal ini dikarenakan akuntansi telah mengadopsi teknologi informasi sehingga akan semakin bermanfaat jika digunakan dengan secara sinergis dengan disiplin ilmu lainnya. Hal ini di tegaskan oleh Azizul Islam dari Jurusan Akuntansi, Quensland University of Technology, Brisbane, Australia.

Menurut Azizul Islam,  dewasa ini Perusahaan-perusahaan akuntansi besar sedang melakukan survei tentang cloud computing, data besar, perubahan teknologi, bentuk-bentuk baru penipuan dan korupsi, dan keberlanjutan perusahaan untuk mengatasi peluang dan tantangan yang sedang berlangsung dan masa depan yang dihadapi profesi.

Semakin banyak akademisi akuntansi yang menyelidiki lebih banyak pelaporan perusahaan naratif. Semakin banyak akademisi akuntansi dan mahasiswa PhD mereka melihat masalah keberlanjutan sosial dan lingkungan dan kerangka kerja global terkait, seperti Standar Inisiatif Pelaporan Global, Compact Global PBB, Akuntabilitas Sosial, dan sebagainya. Peneliti akuntansi menyelenggarakan beberapa konferensi nasional dan internasional, seperti CSEAR dan APIRA, untuk menyebarluaskan temuan mereka kepada masyarakat luas.

Organisasi akuntansi profesional, termasuk Chartered Accountants Australia dan Selandia Baru, CPA Australia, dan ACCA (Inggris) menyediakan dana awal bagi para peneliti akademis untuk menyelidiki masalah yang sejalan dengan perubahan ekonomi, teknologi, sosial, dan lingkungan di masa depan.

Meskipun ada upaya berkelanjutan oleh organisasi akuntansi profesional dan peneliti akademik, ada kesenjangan mengejutkan dalam penelitian yang berkaitan dengan perubahan yang akan berdampak pada akuntan dan organisasi akuntansi profesional. Penelitian di masa depan harus mendorong kolaborasi industri dan kolaborasi antara peneliti akademik antar-disiplin untuk mengungkapkan tanggapan strategis dan strategi proaktif tentang perubahan dalam teknologi digital, globalisasi standar yang berkelanjutan, dan bentuk-bentuk baru regulasi dan harapan pemangku kepentingan terkait.

Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa, dosen akuntansi harus bersinergi dengan kolega dari disiplin ilmu lainnya. Juga berkolaborasi dengan industry dan pemerintah serta profesi akuntan sebagai induk organisasi profesi. Hal ini dalam rangka meningkatkan hasil penelitian yang aplikatif dan antisipatif terhadap kemajuan teknologi informasi.

Referensi.Sumber:

https://www.ifac.org/knowledge-gateway/preparing-future-ready-professionals/discussion/future-accounting-profession-three

 

TR

Image Source: Google Image