People Innovation Excellence
 

Buka Rekening di Bank Cukup Rp 1.000, Ini Syaratnya

Siapa bilang membuka tabungan di bank membutuhkan dana setoran awal yang besar? Sebab hanya dengan Rp 1.000 atau Rp 5.000 nasabah sudah bisa membuka rekening di bank. Namun perlu dicatat, ketentuan dalam program SimPel ini hanya berlaku untuk para pelajar SD, SMP, SMA dan Madrasah yang berusia di bawah 17 tahun dan belum memiliki KTP.
SimPel merupakan kependekan dari Simpanan Pelajar yang sudah diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Juni 2015 lalu. Para pelajar dapat membuka tabungan hanya Rp 5.000 dan untuk SimPel iB (syariah) cukup dengan Rp 1.000. Hingga April 2019, terdapat 304 bank yang memasarkan produk SimPel yang terdiri dari 20 Bank Umum, 11 Bank Umum Syariah, 24 Bank Pembangunan Daerah dan 249 Bank Perkreditan Rakyat/Bank Pembiayaan Rakyat Syariah.
Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan. Tirta Segara mengatakan, sudah ada 326.000 sekolah yang kerja sama di program SimPel. Jumlah rekening telah tercatat mencapai 17 juta rekening dengan nominal Rp 6.64 triliun. “Jumlah yang menurut hamat kami cukup signifikan,” dalam acara SimPel, Jakarta, Kamis (2/5/2019). Bagi pelajar yang tertarik membuka tabungan SimPel, bisa langsung datang ke bank-bank terdekat atau langsung mendaftar di sekolah.
Berikut syarat-syarat membuka tabungan SimPel:
  1. Fotocopy Kartu Identitas Orang Tua
  2. Fotocopy NPWP Orang Tua
  3. Fotocopy Kartu Keluarga / Akte Kelahiran Anak
  4. Kartu Pelajar/ Surat Keterangan Sekolah
  5. Surat Persetujuan Orang Tua
  6. Isi formulir pembukaan tabungan SimPel yang ditandatangani orang tua/wali, siswa, dan pihak sekolah.
  7. Serahkan formulir dan seluruh persyaratan kepada pihak sekolah atau serahkan langsung ke bank

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Buka Rekening di Bank Cukup Rp 1.000, Ini Syaratnya”, https://money.kompas.com/read/2019/05/03/070700226/buka-rekening-di-bank-cukup-rp-1.000-ini-syaratnya.

 

Penulis : Yoga Sukmana
Editor : Erlangga Djumena

 

AW


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close