Bpk Dr. Heri Sukendar, dosen Program Studi Akuntansi dan Keuangan Universitas Bina Nusantara menghadiri acara Penyelenggaraan Pendidikan Profesional Berkelanjutan (PPL). Bpk Dr Heri Sukendar selain berprofesi sebagai dosen juga berprofesi sebagai entrepreneur, beliau membuka Kantor Jasa Akuntan (KJA). Acara tersebut diadakan pada hari Selasa tanggal 12 Februari 2019 di auditorium Kementrian Keuangan. Acara tersebut bertajuk: KJA Sebagai Ujung Tombak Profesi Akuntan: Menyiapkan Perubahan, Menguasai Masa Depan.

Pada acara tersebut Ketua Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntan Indonesia (DPN IAI), Prof. Mardiasmo menyampaikan paparannya yaitu bahwa Sejak diterbitkannya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 25/2014 yang diganti dengan PMK 216/2017 tentang Akuntan Beregister, kini telah tumbuh 451 Kantor Jasa Akuntan (KJA) dengan sebaran mencapai seluruh wilayah Indonesia. Dalam empat tahun ke depan, diperkirakan akan tumbuh sekitar 1.000 KJA yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, sekaligus meningkatkan daya saing Indonesia di level regional. Selain itu Prof Mardiasmo juga mengatakan, KJA memiliki tanggungjawab besar terlibat dalam pemerataan akses ekonomi di berbagai wilayah di Indonesia.

Para Akuntan Berpraktik pengelola KJA, diwajibkan untuk menjalankan Kode Etik dan Standar Profesi Jasa Akuntan, memahami Standar Akuntansi Keuangan (SAK), memahami regulasi, serta menguasai berbagai kompetensi teknis lain.

BLH