Kategori Aset Keuangan

Pengukuran Kerugian Penurunan Nilai

Perlakuan Akuntansi

Dicatat pada biaya perolehan diamortisasi

Rugi penurunan nilai adalah selisih antara nilai tercatat aset dengan nilai kini estimasi arus kas masa datang (tidak termasuk kerugian kredit di masa datang yang belum terjadi) yang didiskonto menggunakan suku bunga efektif awal dari aset tersebut.

  • Nilai aset tersebut dikurangi baik secara langsung maupun menggunakan pos cadangan. Jumlah kerugian kredit yang terjadi diakui pada laba rugi.
  • Pemulihan penurunan nilai diijinkan apabila pemulihan tersebut dapat dikaitkan secara objektif dengan peristiwa yang terjadi setelah penurunan nilai diakui.
  • Pemulihan tersebut tidak boleh mengakibatkan biaya perolehan diamortisasi sebelum adanya pengakuan penurunan nilai pada tanggal pemulihan dilakukan.
  • Jumlah pemulihan aset keuangan diakui pada laba rugi.

Dicatat pada biaya perolehan

Rugi penurunan nilai adalah selisih antara nilai tercatat aset keuangan dengan nilai kini dari estimasi arus kas masa datang yang didiskontokan pada tingkat pengembalian yang berlaku di pasar untuk aset keuangan serupa.

Kerugian penurunan nilai tidak dapat dipulihkan.

Tersedia untuk dijual

Rugi penurunan nilai adalah selisih antara biaya perolehan (setelah dikurangi pelunasan pokok dan amortisasi) dengan nilai wajar kini, dikurangi kerugian penurunan nilai aset keuangan yang sebelumnya telah diakui pada laba rugi.

  • Kerugian kumulatif penurunan nilai yang sebelumnya diakui secara langsung dalam penghasilan komprehensif lain harus dikeluarkan dari penghasilan komprehensif lain dan diakui dalam laba rugi.
  • Instrumen ekuitas yang tersedia untuk dijual tidak boleh dipulihkan melalui laba rugi.
  • Pemulihan penurunan nilai diijinkan untuk instrumen utang yang tersedia untuk dijual melalui laba rugi.

 

Sumber: SAK per efektif 1 Januari 2018

 

-SS-