Investasi Bodong? Seberapa sering Anda mendengar istilah tersebut beredar di masyarakat, terutama melalui media-media pemberitaan di mana banyak masyarakat yang mengalami penipuan berkedok investasi yang kerap di sebut Investasi Bodong. Untuk itu sebelum kita membahas investasi bodong dan bagaimana kiat menghindarinya, ada baiknya kita mengenal definisi sesungguhnya tentang apa itu investasi.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata investasi termasuk kata benda yang didefinisikan sebagai bentuk penanaman uang atau modal di suatu perusahaan atau proyek dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan. Wikipedia mendefinisikan invetasi sebagai suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan erat dengan keuangan dan ekonomi. Terkadang istilah investasi juga dikenal dengan penanaman modal.

Namun, dalam kenyataannya ada banyak bentuk investasi yang ditawarkan kepada konsumen tidak dapat dipertanggungjawabkan, terutama menyangkut pembagian keuntungan yang di awal penawaran justru menjadi strategi marketing utama untuk menarik nasabah. Bahkan, alih-alih mendapatkan keuntungan, justru dana nasabah yang tersimpan juga ikut lenyap dan tidak jelas keberadaannya. Kondisi inilah yang kemudian memunculkan istilah Investasi Bodong di kalangan masyarakat.

Untuk menghindari jatuh korban semakin banyak di kalangan masyarakat karena bentuk investasi ini, maka perlu disosialisasikan kiat khusus bagi masyarakat untuk berinvestasi secara aman dan bebas dari investasi yang sifatnya bodong.

1. Waspada Jika Mendapat Tawaran Keuntungan yang Luar Biasa Menarik

Jangan Tergiur Keuntungannya

Jangan Tergiur Keuntungan via newmediawarrior.net

 

Memang tidak semua tawaran investasi yang menjanjikan keuntungan yang menarik bisa dikategorikan investasi bodong, namun ada baiknya Anda waspada jika mendapat tawaran yang demikian. Lakukan penghitungan matematika secara sederhana untuk memperkirakan apakah tawaran tersebut masuk akal. Terutama jika dengan uang yang jumlahnya tidak terlalu besar, Anda dijanjikan keuntungan yang sangat besar dan dalam jangka waktu yang sangat pendek.

2. Lakukan Pemeriksaan Dokumen Perizinan Lembaga Atau Perusahaan Investasi

Lakukan Pemeriksaan Dokumen

Lakukan Pemeriksaan Dokumen via techriosity.com

 

Setiap lembaga atau produk keuangan, terutama yang menghimpun dana masyarakat dan pengelolaan investasi harus mengantongi izin resmi dari instansi terkait dan berwenang dalam mengurus masalah ini, seperti Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) Departemen Keuangan atau Bank Indonesia atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappepti) Departemen Perdagangan.

Jadi waspadalah jika perusahaan atau lembaga tersebut hanya memiliki SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) untuk menjalankan produk investasinya, karena SIUP bukan izin untuk melakukan penghimpunan dana dan pengelolaan investasi.

Baca juga: Mengenal Reksadana untuk Investor Pemula

3. Telitilah Bentuk dan Cara Pemasaran Produk Investasi

Teliti Bentuk Investasinya

Teliti Bentuk Investasinya via wisegeek.com

 

Dalam berbagai produk investasi yang resmi, mekanisme cara kerja, pembagian keuntungan, dan hal-hal lainnya sudah diatur secara jelas, bahkan sebagian besar perusahaan sudah memiliki standar operasi yang baku dalam menjalankan produknya. Namun sebaliknya, perusahaan atau lembaga yang menjalankan produk investasi bodong, terkadang tidak mempunyai standar baku tentang bagaimana menjalankan produk investasi tersebut, bahkan ada beberapa investasi bodong yang justru tidak memiliki produk dan cara penjualan yang resmi.

  • Jangan menyerahkan dana sebelum membuat dan menandatangani perjanjian yang resmi dan detail. Sebelum menandatangani perjanjian tersebut, baca dengan teliti setiap pasal yang tertuang dalam perjanjian tersebut agar tidak menimbulkan salah persepsi di kemudian hari. Jika perlu, lakukan pengikatan perjanjian jual beli tersebut dihadapan notaris.
  • Waspada terhadap segala bentuk rayuan yang memaksa Anda untuk mengambil keputusan dengan segera atau terkesan memaksa. Ada baiknya Anda mempelajari secara teliti produk investasi tersebut, termasuk mencari tahu latar belakang perusahaan yang menyelenggarakan investasi tersebut sebelum mengambil keputusan keikutsertaan Anda dalam investasi tersebut.
  • Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang produk investasi tersebut, bagaimana perusahaan atau lembaga tersebut menanamkan investasi para nasabahnya, instrumen apa yang digunakan perusahaan atau lembaga tersebut untuk menghasilkan keuntungan seperti yang dijanjikan. Jika investasi ditanamkan dalam bentuk riil, seperti perkebunan, sebisa mungkin Anda meluangkan waktu untuk melihat secara langsung produk riil dari investasi tersebut, dan jangan lengah meskipun Anda telah menjadi bagian dari investasi tersebut, Anda harus tetap memantau perkembangan produk yang Anda investasikan.

Baca juga: Bisa Kaya Dari Hobi, Simak Tips Berikut Ini

Semua Berawal Dari Kehati-Hatian

Memang, tidak semua produk investasi yang ditawarkan kepada masyarakat adalah investasi bodong, karena adaproduk-produk investasi yang memang secara nyata memberikan keuntungan bagi para nasabahnya. Tapi biasanya besar keuntungan yang diperoleh nasabah tidak terlalu fantastis untuk ukuran jangka pendek, karena prinsip investasi sesungguhnya adalah untuk menghasilkan keuntungan bagi nasabahnya dalam jangka panjang.

Untuk itulah diperlukan croscheck atau penelusuran secara mendalam kepastian hukum dari perusahaan atau lembaga yang menawarkan produk investasi tersebut, termasuk informasi tentang keabsahan produk investasi yang dijalankannya. Jangan ragu untuk menghubungi pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bisa melalui Call Center 1500655, untuk menanyakan semua informasi tentang perusahaan atau lembaga, termasuk produk investasi tersebut, apakah sudah terdaftar secara resmi. Selain itu, Anda bisa menanyakan secara langsung kredibilitas perusahaan atau lembaga tersebut selama menjalankan bisnisnnya.

Semoga kiat di atas membantu Anda untuk menemukan perusahaan atau lembaga serta produk investasi yang aman, dan tidak termasuk investasi bodong. Selamat berinvestasi!

Sumber :https://www.cermati.com/artikel/3-cara-efektif-menghindari-investasi-bodong