Contoh manajemen perubahan dalam kehidupan sehari-hari adalah melakukan perubahan cara mengatur kehidupan rumah tangga dalam hal keuangan dengan menerapkan cara-cara baru dilakukan dengan perbaikan dan meningkatkan efektivitas keuangan keluarga dan lain sebagainya.  Begitu juga dalam perusahaan, contoh manajemen perubahan dalam perusahaan seperti perubahan organisasi terkait upaya yang diperlukan selama pandemi untuk bertahan dalam kondisi yang tidak pasti. Organisasi yang cepat beradaptasi dengan melakukan manajemen perubahan terhadap lingkungan organisasi untuk dapat bertahan.

Definisi manajemen perubahan menurut para ahli sebagai berikut :

Manajemen Perubahan menurut Wibowo (2011) adalah suatu proses secara sistematis dalam menerapkan pengetahuan, sarana dan sumber daya yang diperlukan untuk mempengaruhi perubahan pada orang yang akan terkena dampak dari proses perubahan tersebut.

Coffman dan Lutes (2007) menjelaskan bahwa manajemen perubahan adalah pendekatan yang terstruktur dan digunakan untuk membantu tim, individu ataupun organisasi untuk perubahan dari kondisi sekarang ke kondisi yang lebih baik.

Nauheimer (2007) mengatakan bahwa manajemen perubahan adalah suatu proses, teknik, dan alat yang digunakan untuk mengelola proses perubahan pada sisi individu untuk mencapai suatu hasil yang dibutuhkan dan untuk menerapkan perubahan secara lebih efektif dengan agen perubahan, sistem, dan tim yang lebih luas.

Menurut Kasali R. (2010) manajemen perubahan adalah bagian yang penting dari management dan setiap pemimpin diukur keberhasilannya dari kemampuannya memprediksi perubahan dan menjadikan perubahan tersebut suatu potensi.

Dari pendapat para pakar diatas, dapat dikatakan bahwa manajemen perubahan adalah adalah sebuah proses yang perubahan yang dilakukan oleh manajemen perusahaan dalam mengadopsi dan menerapkan sarana, sumber daya dan pengetahuan dalam merealisasikan perubahan dari kondisi sekarang menuju suatu kondisi yang lebih baik sehingga lebih efisien dan efektif dalam mencapai tujuan perusahaan yaitu memaksimalkan nilai pemegang saham.

References

  • Cooperrider, D. & Whitney, D. (2005) Appreciative Inquiry: a positive revolution in change. Berrett-Koehler Publishers, Inc. San Francisco.
  • Hopkins, D. (2002) The Evolution of Strategies for Educational Change: Implications for Higher Education. LTSN Generic Centre.

Image Sources: Google Images