Akuntan manajemen menggunakan data keuangan dan nontradisional lainnya untuk tidak hanya membantu perusahaan membuat keputusan yang lebih baik dan lebih akurat tetapi juga memandu tim manajemen senior dan mengkomunikasikan kegiatan bisnis kepada sejumlah besar pemangku kepentingan di dalam dan di luar organisasi, termasuk badan pengatur. Informasi keberlanjutan merupakan kumpulan data nontradisional lain untuk dimasukkan dalam aliran data, dan akuntan manajemen perlu mengambil peran kepemimpinan dalam memastikan bahwa data keuangan dan nonfinansial sesuai dengan tujuan. Dalam konteks ini, penting bagi profesional keuangan dan akuntansi untuk menilai tingkat kebugaran dalam lingkungan pelaporan digital untuk mengamankan data yang tepat waktu dan dapat diaudit untuk penilaian risiko, kepatuhan, dan analisis skenario.

Strategi keberlanjutan perusahaan serta mandat pelaporan kepatuhan peraturan baru dan baru yang muncul memiliki potensi untuk meningkatkan peran strategis para profesional akuntansi manajemen yang berpikiran maju. Ini hanya karena C-suite perusahaan, dewan direksi, dan berbagai pemangku kepentingan secara proaktif mengawasi lebih dari sekadar garis bawah perusahaan. Selain itu, keberlanjutan berada dalam agenda pembuat kebijakan global, yang berarti perusahaan terkena lebih banyak persyaratan pengungkapan dari peraturan.

Perjanjian Paris (perjanjian perubahan iklim internasional) dan Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan mewakili tujuan yang terintegrasi dengan serangkaian dampak menonjol dan risiko perusahaan yang lebih luas. Konvensi Organisasi Perburuhan Internasional (ILO), Pedoman Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) untuk Perusahaan Multinasional, dan Prinsip Panduan PBB tentang Bisnis dan Hak Asasi Manusia secara kolektif mewakili prioritas kebijakan yang selaras dengan tujuan yang disepakati secara global dan standar tata kelola bisnis. Ini secara kolektif dirancang untuk memajukan ekonomi berkelanjutan dengan mengatasi dampak bisnis terhadap masyarakat dan lingkungan. Keberlanjutan perusahaan dan transisi ke ekonomi rendah karbon, lebih hemat sumber daya, dan sirkular adalah kunci untuk memastikan daya saing jangka panjang dan kelangsungan hidup ekonomi modern.

Tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) atau strategi organisasi perilaku bisnis yang bertanggung jawab (RBC), persyaratan pelaporan peraturan baru, dan perubahan iklim, oleh karena itu, dengan cepat menjadi masalah yang menentukan zaman kita. “Normal baru” ditandai dengan meningkatnya harapan pemangku kepentingan bagi perusahaan untuk memperhitungkan tujuan keberlanjutan; risiko iklim; dan metrik lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) lainnya ke dalam perencanaan strategis jangka panjang mereka. Dalam lingkungan baru yang meningkatkan pengawasan dari para pemangku kepentingan dan regulator ini, kami membutuhkan data yang tepat waktu, dapat diaudit, dan dapat dibaca mesin untuk memenuhi semua kebutuhan dan tanggung jawab organisasi kami.

TANTANGAN DATA

Setiap hari, kami membuat triliunan titik data, mulai dari klik di ponsel kami hingga membuat dokumen di cloud. Menurut IDC Global, dunia menghasilkan 64,2 zettabyte data pada tahun 2020 saja. Angka mengejutkan ini mencerminkan apa yang disebut IDC sebagai pertumbuhan data yang “luar biasa tinggi” karena jutaan dari kita menyesuaikan diri dengan bekerja dari rumah selama pandemi. Meskipun data keberlanjutan hanyalah sebagian kecil dari pertumbuhan itu, kenyataannya adalah bahwa menyimpan, mencari, dan menganalisis data pelaporan keberlanjutan adalah tugas yang menakutkan bagi profesi. Sementara aliran data tidak pernah berakhir, mengelolanya secara efektif dan menganalisis dan menafsirkannya dengan mahir sangat penting untuk keberhasilan semua bisnis yang berkelanjutan.

Bisnis rata-rata tidak mampu — dan dengan demikian tidak memiliki akses ke — data keberlanjutan mengalir dalam format yang berguna, sebanding, dan dapat dibaca mesin yang cocok untuk pengambilan keputusan berbasis data yang andal dan model akuntabilitas yang sesuai. Untuk menambah kompleksitas, beberapa data yang diperlukan untuk menilai risiko yang terkait dengan perubahan iklim dan topik keberlanjutan lainnya tidak ada. Dalam kasus lain, itu ada tetapi di luar jangkauan, terkunci di repositori pribadi eksternal atau brankas data silo seperti hard drive lokal. Dan beberapa data yang relevan tersedia tetapi mungkin tidak cocok untuk dapat dibaca mesin tepat waktu. Data yang ada dan fragmentasi peraturan membawa biaya manajemen data yang tinggi untuk organisasi.

Menurut Federasi Akuntan Internasional (IFAC) dan Bisnis di OECD (BIAC), biaya divergensi peraturan (didefinisikan sebagai peraturan sektor keuangan yang tidak konsisten antara yurisdiksi yang berbeda) diperkirakan menelan biaya ekonomi global $ 780 miliar per tahun. Selanjutnya, dalam sebuah studi yang ditugaskan oleh Amazon Elastic Compute Cloud (EC2), biaya kepatuhan tambahan untuk sektor keuangan di 11 negara anggota Uni Eropa (UE) antara 2009 dan 2017 adalah € 4 miliar ($ 4,52 miliar). Ini adalah rata-rata yang mengejutkan dari 2% hingga 4% dari total biaya operasi organisasi dan peningkatan biaya 610% selama periode delapan tahun ini. Data Warehousing Institute (TDWI) menemukan bahwa masalah kualitas data merugikan bisnis AS lebih dari $ 600 miliar per tahun. Pikirkan tentang apa yang dapat kita lakukan secara kolektif dengan jumlah uang itu jika kita bisa membelanjakannya untuk proyek-proyek berdampak positif.

Data yang buruk mengarah pada pengambilan keputusan yang buruk, dan ini berdampak pada perusahaan dan, dengan perluasan, seluruh rantai pasokannya. IBM memperkirakan bahwa data yang buruk merugikan ekonomi AS sekitar $ 3,1 triliun setiap tahun. Penelitian tambahan dari Experian menemukan bahwa data yang buruk memiliki dampak langsung pada garis bawah 88% perusahaan Amerika, dengan rata-rata perusahaan kehilangan sekitar 12% dari total pendapatan tahunannya.

Bukan hanya biaya pengelolaan data yang menjadi masalah. Kualitas data juga tidak sesuai. Kualitas data adalah masalah utama yang dibahas dalam laporan Climate Disclosure Standards Board (CDSB) 2020, Falling short? Mengapa pengungkapan terkait lingkungan dan iklim di bawah Arahan Pelaporan Non-Keuangan UE harus ditingkatkan, yang menganalisis pengungkapan terkait lingkungan dan iklim 2019 dari 50 perusahaan terdaftar terbesar di Eropa dengan kapitalisasi pasar gabungan sebesar  $ 4,3 triliun. Laporan tersebut menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan ini melaporkan data yang tidak memiliki kualitas, komparabilitas, koherensi, dan akses yang mudah. Kurangnya komparabilitas di seluruh perusahaan ini terutama disebabkan oleh kurangnya kerangka pelaporan umum yang dikombinasikan dengan kebebasan perusahaan untuk mencampur dan mencocokkan standar, metrik, dan kerangka kerja ketika menghasilkan pengungkapan keberlanjutan mereka.

Menyeimbangkan tantangan organisasi dengan pengalaman pengguna menciptakan hasil yang mengejutkan. Komisi Eropa menentukan bahwa pengguna informasi memiliki kesulitan yang sama untuk menemukan, mengkonsumsi, dan menganalisis informasi keberlanjutan yang dilaporkan perusahaan, sebagian karena informasi tersebut tidak cukup digital dan mudah diakses. Implikasinya adalah bahwa tidak ada yang senang dengan status quo ekosistem informasi keberlanjutan.

BERGERAK MENUJU DIGITALISASI TERSTRUKTUR

Momentum sedang dibangun di seluruh dunia bagi perusahaan dan pemangku kepentingan mereka untuk mengurangi silo informasi ESG, persyaratan pelaporan yang terfragmentasi atau duplikasi, biaya manajemen data, dan kurangnya kepercayaan pada data. Banyak pembuat kebijakan global berfokus untuk mendapatkan pengungkapan keberlanjutan, metrik, dan pengukuran keberlanjutan perusahaan yang sebanding (atau entitas pelaporan) ke pasar menggunakan beberapa lensa. Selain itu, semakin banyak regulator dan setter standar mulai secara aktif mempertimbangkan hasil digital sejak awal.

Misalnya, pada Bulan Februari 2021, European Lab Project Task Force on Non-Financial Reporting Standards (PTF-NFRS) menerbitkan laporan, Proposal untuk Pengaturan Standar Pelaporan Keberlanjutan UE yang Relevan dan Dinamis, yang mencerminkan upaya kumulatif dan intensif yang dibangun di atas beberapa temuan spesifik dalam makalah  penelitian IMA® (Institute of Management Accountants). Ringkasan Transformasi Digital: Pelaporan Bisnis dalam Revolusi Industri Keempat, yang kami tulis bersama dengan Tanuj Agarwal, Deborah Leipziger, Urmish Mehta, dan Dermot Murray. Laporan PTF-NFRS merinci 54 rekomendasi untuk pembangunan berkelanjutan dan kebijakan keuangan berkelanjutan. Tiga poin utama laporan ini adalah bahwa standar harus:

  1. Meningkatkan kualitas pelaporan keberlanjutan dalam hal struktur dan presentasi;
  2. Memastikan bahwa informasi keberlanjutan dapat diakses secara luas dan sepenuhnya; dan
  3. Pastikan informasi didigitalkan sedemikian rupa sehingga dapat dibaca mesin dan dapat dibaca manusia.

Laporan ini mempertimbangkan unsur-unsur di luar tingkat legislatif. Laporan PTF-NFRS merekomendasikan bahwa standar UE harus, sejak awal, memberikan struktur pelaporan keberlanjutan yang jelas dan taksonomi digital yang mendasarinya yang memungkinkan akses dan analisis tangkas. Pada bulan April 2021, Komisi Eropa mengadopsi proposal legislatif untuk Arahan Pelaporan Keberlanjutan Perusahaan (CSRD), yang akan mewajibkan perusahaan yang terkena dampak untuk melapor sesuai dengan Standar Pelaporan Keberlanjutan Eropa (ESRS). Eropa menangani akses informasi keuangan dan keberlanjutan dan digitalisasi melalui undang-undang legislatif untuk mendirikan European Single Access Point (ESAP) untuk informasi yang dilaporkan perusahaan.

Pada 3 November 2021—dipuji sebagai hari penting untuk akuntansi oleh Reuters—Yayasan Standar Pelaporan Keuangan Internasional (IFRS) mengumumkan bahwa mereka akan menyelesaikan konsolidasi CDSB dan Value Reporting Foundation (VRF) sebagai bagian dari Dewan Standar Keberlanjutan Internasional (ISSB) yang baru. ISSB bertujuan untuk mengembangkan baseline global yang komprehensif dari standar pengungkapan keberlanjutan berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan informasi investor dan melayani kepentingan publik. Ada harapan baru bahwa kita dapat bergerak menuju standar keberlanjutan yang harmonis, sebanding, di seluruh dunia dengan kustomisasi lokal, menciptakan ruang bagi legislatif nasional untuk melangkah lebih jauh dengan ambisi ESG mereka.

Meskipun ada beberapa alasan untuk optimisme yang hati-hati, ada risiko asli bahwa upaya untuk memecahkan masalah menciptakan digital, aliran informasi keberlanjutan standar dari buaian ke kuburan tetap silo kecuali semua pemangku kepentingan mengambil perspektif holistik di seluruh dunia.

CURRENT DATA-FLOW LANDSCAPE

Transformasi digital arus informasi keberlanjutan dan manajemen data telah mendapatkan signifikansi strategis sebagai kemampuan penting untuk profesi akuntansi manajemen. Jika kita ingin pemangku kepentingan mempercayai data yang mereka gunakan dan analisis setiap hari, maka kita memerlukan data yang dapat dibaca mesin, dimengerti, dapat diaudit, dan dapat diakses. Para pemangku kepentingan mengandalkan profesional akuntansi manajemen yang berpikiran maju untuk membantu memperbaiki kesenjangan informasi. Ringkasan Transformasi Digital: Pelaporan Bisnis dalam Revolusi Industri Keempat meneliti masalah ini secara rinci dan memberikan gambaran visual tentang tantangan nyata yang perlu kita selesaikan secara kolektif untuk memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan (lihat Gambar 1).

Aliran informasi keberlanjutan dan antarmuka antara input, throughput, dan output di berbagai sistem tidak selaras secara universal, seringkali membutuhkan intervensi manusia untuk memproses ulang output satu sistem ke dalam format yang diperlukan untuk sistem berikutnya. Data kemudian terhubung ke beberapa laporan output, meningkatkan pentingnya satu sumber kebenaran data. Misalnya, data dari perangkat lunak perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) entitas yang diatur perlu dikompilasi dan dikemas ulang (yaitu, throughput) untuk memenuhi persyaratan formulir dan format data regulator (yaitu, output) untuk pengajuan pengiriman. Integrasi tanpa batas antara antarmuka internal dan eksternal ini tergantung pada standar yang dikodifikasikan untuk pembuatan data, validasi, dan berbagi.

Ini adalah area fragmentasi yang paling umum, tetapi bukan satu-satunya. Regulator yang berbeda memerlukan informasi yang sama dalam format atau tipe data spesifik mereka, yang membutuhkan upaya duplikasi. Beberapa regulator meminta informasi yang sama dalam berbagai bentuk dan format, mengamanatkan upaya mahal tanpa nilai inkremental nyata kepada perusahaan atau pemangku kepentingannya. Proses perakitan, pembongkaran, dan pengemasan ulang data dalam berbagai format yang diperlukan dapat menyebabkan masalah kepatuhan dan kesalahan informasi yang tidak disengaja selama pengarsipan peraturan. Adopsi standar umum yang dikodifikasikan untuk pembuatan dan pertukaran data yang dapat dibaca mesin di semua pemangku kepentingan dalam ekosistem kepatuhan global dapat menghasilkan lompatan besar menuju koherensi dalam aliran data informasi di seluruh dunia.

Baik bisnis maupun regulator mengadopsi standar unik, definisi data, dan aturan validasi bisnis untuk elemen dan metrik data keberlanjutan yang serupa. Selain faktor biaya, kurangnya kohesi ini melemahkan auditabilitas informasi ESG yang akhirnya disebarluaskan ke banyak regulator dan meningkatkan risiko karena peningkatan subjektivitas, perbedaan interpretasi, misinformasi, dan kepatuhan parsial yang tidak disengaja atau ketidakpatuhan. Perbedaan dalam proses penyampaian informasi peraturan menciptakan rintangan tambahan dalam menciptakan aturan validasi pelaporan last-mile standar dan integrasi tanpa batas di seluruh sistem internal dan eksternal. Perbedaan peraturan ini semuanya menambah kompleksitas dan biaya kepatuhan.

Masalah data hulu juga memperburuk masalah aliran informasi. Misalnya, definisi data keberlanjutan tidak disepakati secara global. Kami tidak memiliki kosakata terkontrol yang mengatur istilah, referensi, atau metrik keberlanjutan. Fragmentasi ini merupakan tantangan ketika melaporkan informasi yang sama kepada beberapa regulator karena ada kurangnya kejelasan dalam komunikasi dan tidak ada satu set standar dan definisi yang dapat digunakan di beberapa regulator. Hal ini tidak biasa untuk menemukan perbedaan dalam definisi dari berbagai elemen data di antara regulator. Ini secara alami cocok untuk peningkatan risiko salah saji dan miskomunikasi, di samping peningkatan biaya kepatuhan untuk mempertahankan beberapa varian item data yang sama untuk entitas yang harus memvalidasi keakuratan laporan mereka setiap kali mereka mengajukan pengajuan peraturan.

Daftar perbedaan terus berlanjut, termasuk kurangnya kejelasan dalam terminologi yang digunakan dalam undang-undang dan peraturan nasional yang relevan, yang membuat begitu banyak terbuka untuk interpretasi. Rintangan lainnya termasuk kurangnya metrik umum, standar, disepakati dan transposisi, terjemahan, dan implementasi peraturan perusahaan yang tidak konsisten. Fragmentasi ini mencerminkan kebingungan dalam organisasi juga, dengan berbagai tingkat kematangan kelompok pelaporan, termasuk tanggung jawab yang ditugaskan, sistem kontrol, orang, dan proses.

KERJASAMA GLOBAL UNTUK DIGITALISASI

Kerja sama internasional akan menjadi kunci dalam mengembangkan standar global yang sebanding dengan yang dibutuhkan pasar. Pasar keuangan global sudah meminta otoritas pengatur dan dewan standar keberlanjutan untuk menentukan standar umum sehingga pasar investasi dampak berkelanjutan dapat terus matang.

Kebutuhan akan kerja sama internasional yang lebih besar tidak berhenti di situ. Kami terlibat dalam upaya yang disebut Proyek Manajemen Dampak (yang namanya bertransisi ke Koalisi Ibu Kota) yang bertujuan memfasilitasi upaya di seluruh dunia yang didukung oleh Tipping Point Fund for Impact Investing untuk menyatukan berbagai pemangku kepentingan ekosistem untuk membangun konsensus tentang bagaimana mengatasi dan mengurangi gesekan di dalam dan di antara arus informasi. Lihat situs yang bagus untuk umum ini dan terlibat dalam kolaborasi global mutakhir yang belum pernah terjadi sebelumnya ini. Berbekal pemahaman tentang tantangan ekosistem dan masalah data, profesional akuntansi dan keuangan manajemen perlu bersiap untuk memimpin organisasi mereka melalui pergeseran seismik di dunia kerja kita.

PELUANG UTAMA BAGI AKUNTAN MANAJEMEN

Transformasi digital penanganan data bisnis ini membutuhkan keterampilan profesional yang baru dan lebih baik. Pengetahuan tentang persimpangan orang, proses, dan teknologi tidak pernah lebih penting dalam membentuk kemampuan yang dibutuhkan profesi akuntansi dan keuangan untuk mencapai kesuksesan.

Tiga bidang utama dengan cepat muncul sebagai landasan dalam percakapan ini: literasi digital, kemampuan komunikasi, dan ilmu data. Selain itu, kemampuan tradisional dan bidang fokus seperti kepemimpinan, etika, dan kemahiran akuntansi tetap penting.

  1. Satuan Tugas Literasi Digital American Library Association (ALA) mendefinisikan literasi digital sebagai:
  2. Keterampilan teknis dan kognitif untuk menemukan, membuat, memahami, menganalisis, dan mengkomunikasikan cerita yang koheren berdasarkan data;
  3. Kemampuan untuk memanfaatkan berbagai teknologi untuk mengelola data, termasuk menilai kualitas dan nilainya;
  4. Mengelola hukum, privasi, keamanan, dan pengelolaan data; dan
  5. Menggunakan keterampilan ini sebagai kendaraan untuk mempromosikan wacana dan keterlibatan dengan berbagai pemangku kepentingan.

Bagi para profesional keuangan, literasi digital berarti menjadi cerdas dengan alat digital baru dan manajemen data, memahami bagaimana mereka dapat dimanfaatkan untuk mengekstrak, menganalisis, memvisualisasikan, dan melaporkan informasi (yaitu, ilmu data) yang dengannya kami berhasil menceritakan kisah yang akurat dan menarik (yaitu, kemampuan komunikasi). Ini hanya dapat dicapai ketika kita mengadopsi pola pikir pembelajaran berkelanjutan, mengidentifikasi cara-cara baru untuk bekerja dengan teknologi dan data, dan menyesuaikan komunikasi kita untuk menjembatani kesenjangan antara metode digital tradisional dan baru manajemen data.

Mempertimbangkan jalur potensial untuk mencapai tujuan keberlanjutan, aplikasi peningkatan kemampuan menjadi lebih jelas. Misalnya, ketika kita mempertimbangkan fokus baru pada efisiensi sumber daya, kita harus dapat:

  1. Mengembangkan dan membangun model bisnis hemat sumber daya yang menghasilkan manfaat yang lebih besar bagi organisasi dan pemangku kepentingannya — terutama untuk mengantisipasi peraturan ekonomi berkelanjutan baru sebagai cara untuk memulai rekan-rekan;
  2. Mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan jejak karbon organisasi dan masalah lingkungan alam lainnya untuk mengurangi gesekan pelaporan;
  3. Mendukung teknologi, produk, dan proses baru yang meningkatkan efisiensi sumber daya; dan
  4. Komunikasikan bagaimana efisiensi sumber daya tercermin dalam kisah sukses pengurangan jejak karbon organisasi dengan cara yang dapat dipercaya, dipahami, dan dihubungkan oleh para pemangku kepentingan. Komunikasi adalah keterampilan penting yang harus kita perkuat dalam kotak kemampuan alat kita.

Memperluas garis pemikiran ini untuk mempertimbangkan ketahanan iklim dalam bisnis, dibutuhkan keterampilan dalam:

  1. Sains dan teknologi untuk mendukung pemodelan dan menafsirkan proyeksi perubahan iklim;
  2. Melakukan penilaian manajemen risiko, seperti memproyeksikan ketersediaan bahan dan sumber daya input di masa depan (yaitu, mineral atau logam);
  3. Mengilustrasikan dan berbagi rencana pengurangan jejak karbon yang ambisius, namun dapat dicapai; dan
  4. Tata kelola data dengan memastikan bahwa data berkualitas sesuai dengan tujuan sejak awal dan sepanjang siklus hidup arus informasi.

Realisasi penting dalam ekonomi dan bisnis yang berkelanjutan adalah bahwa kemampuan profesional, persiapan, dan investasi kita sendiri adalah faktor penentu yang memungkinkan (atau tidak) “transisi hijau” menuju keberlanjutan dan netralitas karbon sejak awal, bukan hanya dihasilkan dari transisi.

Asosiasi secara tradisional berfokus pada pengembangan keterampilan teknis dan profesional inti, tetapi kurikulum baru harus mencakup pengembangan keterampilan yang lebih dalam dalam praktik bisnis yang berkelanjutan, kepemimpinan, dan analisis data, memberdayakan kita untuk mempengaruhi dan membujuk para pembuat keputusan (lihat Gambar 2). Organisasi membutuhkan personel dengan keterampilan ini untuk bertransisi dengan cepat dari model bisnis tradisional mereka ke model yang berkelanjutan. Ini adalah masalah kelangsungan hidup bisnis dan, dengan perluasan bagi kami, kelangsungan hidup profesional.

Apakah Anda siap untuk masa depan bisnis kami yang berkelanjutan? Tantangannya sangat luas dan menarik, dan solusi yang muncul akan mengubah profesi. Sama seperti spreadsheet mengubah akuntansi dari pelaporan statis menjadi penceritaan dan proyeksi yang lebih dinamis untuk menginformasikan perencanaan strategis, mengubah informasi keberlanjutan secara digital akan mengubah cara dan mengapa peran dan tanggung jawab profesional kami. Kami berada dalam posisi utama sebagai kustodian data yang tepercaya dan tidak memihak, jadi jangan sia-siakan kesempatan ini untuk menghadapi tantangan mengekstraksi dan memberikan nilai yang lebih berwawasan dan bermakna bagi bisnis yang kami dukung, menggunakan data yang sesuai untuk tujuan untuk melakukannya sambil melayani sebagai pendukung keberlanjutan. Planet dan para pemangku kepentingan kita mengandalkan kita — tidak ada “Planet B.”

Referensi:

  • Graaff, D. 2022. Sustainable Business Management. Strategic Finance Institute of Management Accountant (IMA)
  • 2022. Google Image.
  • Wray, D. 2022. The Digital Transformation and Sustainability Data. Strategic Finance Institute of Management Accountant (IMA)