Salah satu tantangan dalam proses pembelajaran akuntansi adalah bagaimana agar membuat para mahasiswa yang mempelajari akuntansi tersebut selain bisa memahami juga mudah dalam mengaplikasikannya dalam dunia pekerjaan. Dan hal itu hanya bisa dilakukan bila para pengajar dalam setiap mata kuliah, termasuk Akuntansi memahami konsep sistem pembelajaran yang bersifat transformatif. Demikian disampaikan oleh Professor Meredith Tapaspos dari RMIT University Australia dalam kesempatan seminar yang diselenggarakan oleh CPA Australia beberapa waktu yang lalu.

Dalam konsep pembelajaran yang transformatif mahasiswa diharapkan tidak menjadi peserta didik yang pasif akan tetapi tetap bisa aktif dengan beberapa cara. Diantaranya Adalah dengan melibatkan mereka dalam berbagai kegiatan yang bersifat kolaborasi antara mahasiswa dengan dosen dan juga antara mahasiswa dengan mahasiswa yang lain. Selain itu juga perlu adanya pendekatan yang bersifat personal dengan mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran. Diantaranya dengan melibatkan pengalaman mahasiswa dalam kegiatan usaha local dan juga kegiatan sosial.