Bentuk-Bentuk Etika Bisnis
Etika yang ada dalam perusahaan atau organisasi bisnis biasanya dapat diimplementasikan dalam budaya perusahaan dan juga tata Kelola perusahaan yang baik. Termasuk dalam etika yang ada dalam perusahaan Adalah :
- Budaya organisasi. Budaya bagi perusahaan Adalah hal yang sangat penting karena [ada dasarnya Keputusan yang dibuat tanpa memperhatikan budaya bisa berakibat pada hal yang tidak bisa diantisipasi. Adapun yang dimaksudkan dengan budaya organisasi dalam perusahaan Adalah nilai-nilai dari luhur, norma, standar, perilaku yang akan mempengaruhi individu dan juga grup dalam berhubungan satu sama lain serta bekerja sama dalam rangka untuk mencapai tujuan dari organisasi. Budaya organisasi merupakan satu sistem makna yang tersebar oleh anggota yang dapat membedakan antara 1 organissai dengan 1 organisasi lainnya.
- Tata Kelola Perusahaan atau corporate governance. Yang dimaksudkan dengan tata Kelola perusahaan atau good corporate governance Adalah merupakan satu rangkaian dan atau kebiasaan yang dapat mempengaruhi pengarahan dan juga pengelolaan dalam pengendalian satu perusahaan dan atau korporasi. Tata Kelola perusahaan juga mencakup hubungan yang terjadi antara pihak yang berkepentingan yang terlibat serta juga tujuan yang ingin dicapai dari pengelolaan perusahaan. Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam tata Kelola dari perusahaan pada dasarnya Adalah pemegang saham, manajemen, dewan direksi serta juga pihak yang bertindak sebagai pemangku kepentinga yang lainnya di perusahaan
- Adanya corporate of conduct. Atau konsep filosofi perusahaan dan juga aturan dari perilaku yang beretika. Dalam konsep bisnis terdapat tujuan mengapa kode etik tersebut perlu dibuat. Diantaranya Adalah untuk memberikan penjelasan tentang filosofi etis dari perusahaan serta juga memberikan informasi berkaitan dengan hal yang ada kaitannya denga masalah dan etika. Dan juga berfungsi sebagai sarana dalam memberikan petunjuk bagi proses dalam pengambilan Keputusan.
- Adanya konsep Corporate Social Responsibility. Merupakan konsep yang dalam hal ini sebagai bagian dari kegiatan perusahaan dan juga menjadi bagian dari corporate image. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Harvard Business School telah menunjukkan bahwa banyak program CSR yang disinergikan dengan strategi perusahaan pada dasarnya akan berdampak jauh lebih besar kepada Masyarakat dan juga perusahaan itu sendiri. Dengan menjadikan CSR sebagai bagian dari kebijakan perusahaan maka program CSR bisa menjadi langgeng dan juga akan membuat perusahaan menjadi lebih baik citranya ( mheykal )
Referensi :
- Amin, A Riawan, et al ( 2010 ), Menggagas Manajemen Syariah, Salemba Empat
Comments :