Sistem informasi akuntansi mengumpulkan dan memproses data transaksi dan kemudian menyebarkan informasi keuangan kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Sistem informasi akuntansi sangat bervariasi dari satu bisnis ke bisnis lainnya. Semua itu tergantung dari sifat bisnis dan transaksi serta ukuran perusahaan dan volume data yang perlu dikerjakan. Perbedaan ini yang membuat satu sistem bisnis dengan sistem bisnis lainnya berbeda. Contohnya jika UMKM dengan perusahaan tbk tentu saja akan memiliki perbedaan sistem. Bahkan, dengan satu industri yang sama pun bisa memiliki sistem informasi akuntansi yang berbeda. Namun, sistem informasi akuntansi yang baik perlu membantu pebisnis menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti:

  • Berapa banyak dan jenis utang yang belum dilunasi?
  • Apakah penjualan kita lebih tinggi pada periode ini dibandingkan periode sebelumnya?
  • Aset apa saja yang kita miliki?
  • Apa saja arus kas masuk dan keluar kita?
  • Apakah kita menghasilkan laba pada periode lalu?
  • Apakah ada lini produk atau divisi kita yang merugi?
  • Dapatkah kita meningkatkan dividen dengan aman kepada para pemegang saham?
  • Apakah tingkat pengembalian aset bersih kita meningkat?

Sistem informasi akuntansi yang dibuat dengan baik dapat bermanfaat bagi bisnis. Sistem Informasi Akuntansi memiliki manfaat yang besar seperti:

  • menghemat waktu, uang, dan tenaga kerja,
  • memberikan informasi yang berharga bagi para eksekutif,
  • dan meningkatkan keterampilan profesional.

Terutama bagi UMKM, sistem informasi akuntansi dapat membantu memberikan informasi bisnis yang relevan sehingga dapat membuat keputusan bisnis yang dapat membantu meningkatkan performa bisnis.

 

Referensi:

  • Kieso, D. E., Weygandt, J. J., & Warfield, T. D. (2020). Intermediate Accounting: IFRS Edition (4th ed.). Wiley Global Education US. https://bookshelf.vitalsource.com/books/9781119609247
  • Wahyuni, T. (2023). Accounting Information Systems for SMEs: A Systematic Literature Review. In Advances in Social Science, Education and Humanities Research/Advances in social science, education and humanities research (pp. 719–730). https://doi.org/10.2991/978-2-38476-132-6_61