Perusahaan pada setiap tahunnya akan melakukan pembuatan Anggaran Operasional (Operating Budgeting). Hal ini dilakukan untuk membantu perusahaan dalam mengkoordinasikan rencana anggaran yang perlu dikeluarkan oleh perusahaan berdasarkan strategi yang telah perusahaan susun dalam satu periode.

Berikut merupakan langkah-langkah membuat anggaran operasional:

  1. Identifikasi masalah dan ketidakpastian
    Perusahaan perlu melakukan identifikasi terhadap strategi bisnisnya. Misalnya, maniesforu merupakan toko kue paling terkenal di kota Jakarta. Manajernya berniat untuk meningkatkan profit sebesar 10% untuk tahun mendatang. Maka dari itu maniesforu perlu membuat sterategi bisnis yang dapat membantu toko serta mengidentifikasi hal lain seperti Apakah biaya bahan baku akan mengalami kenaikan? Apakah toko dapat meningkatkan efisiensi dalam proses pembuatan kue?
  2. Mendapatkan informasi
    Selanjutnya perusahaan perlu mengumpulkan informasi dan data yang diperlukan dalam membuat keputusan. Seperti pada toko maniesforu, dengan melakukan pengecekan terhadap harga bahan baku.
  3. Membuat prediksi tentang masa depan
    Dengan adanya informasi yang sudah terkumpul. Perusahaan perlu melakukan prediksi terhadap penjualanan, harga, biaya operasional, dan margin laba.
  4. Mengambil keputusan dengan memilih di antara alternatif
    Setelah itu, perusahaan perlu mempertimbangkan alternative sebelum mengambil keputusan. Misalnya pada toko maniesforu dengan meningkatkan penjualan kue premium, menawarkan diskon, atau membuka cabang
  5. Implementasikan Keputusan, Evaluasi Kinerja, dan Belajar
    Setelah memutuskan strategi yang akan diambil, perusahaan bisa mulai melaksanakan rencananya. Setelah itu, perusahaan perlu melakukan evaluasi terhadap keputusan yang diambil serta belajar dari hasil kinerja tersebut.

Dengan melakukan perencanaan anggaran operasional dapat membantu Mendorong koordinasi dan komunikasi antar subunit dalam perusahaan kemudian memberikan kerangka untuk menilai kinerja dan memfasilitasi pembelajaran serta memotivasi manajer dan karyawan lainnya.

Referensi:

  • Datar, Srikant, M. and Madhav V Rajan. Horngren’s Cost Accounting, Enhanced, Global Edition. Available from: VitalSource Bookshelf, (17th Edition). Pearson International Content, 2020.