Akuntansi bukan hanya sekedar ilmu yang sifatnya hitung-hitungan yang jauh. Ternyata, Akuntansi dapat diterpkan untuk hal-hal sederhana dan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Banyak sekali manfaat yang didapat dengan mempelajari Akuntansi dalam kehidupan sehari-hari.

Pertama, Akuntansi mendukung kita untuk mengelola keuangan secara pribadi. Pencatatan terhadap segala pemasukan dan pengeluaran yang terjadi dalam hidup kita, sudah dapat dikategorikan sebagai Akuntansi. Pemasukan baik itu gaji, upah atau bahkan sekedar uang jajan. Sementara untuk pengeluaran dapat bermacam-macam, mulai dari membeli makanan, membayar biaya tagihan atau membayar biaya transportasi.

Dari pencatatan pemasukan dan pengeluaran ini, maka seseorang akan tergerak untuk membuat  anggaran bulanan yang jelas. Tujuannya agar pengeluaran yang dikeluarkan nantinya tidak lebih besar daripada pemasukannya. Tentu peribahasa “Besar Pasak daripada Tiang” selalu menjadi pegangan dan untuk meningkatkan kewaspadaan kita dalam mengelola keuangan secara bijak.

Dan pada akhirnya, hidup ini diharapkan akan ada untuk waktu yang panjang. Seseorang sudah memiliki perencanaan yang matang. Dengan cara menambahkan instrument Tabungan dan investasi, ke dalam perhitungan akuntansinya. Diharapkan seseorang dapat hidup dengan lebih layak.

Referensi:

  • Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014).Financial literacy and financial decision-making in older adults. Journal of Pension Economics & Finance, 13(4), 347–366. https://doi.org/10.1017/S1474747214000031
  • Sabri, M. F., & MacDonald, M. (2010). Savings behavior and financial problems among college students: The role of financial literacy in Malaysia. Cross-Cultural Communication, 6(3), 103–110.
  • Xiao, J. J., Tang, C., & Shim, S. (2009). Acting for happiness: Financial behavior and life satisfaction of college students. Social Indicators Research, 92(1), 53–68. https://doi.org/10.1007/s11205-008-9288-6
  • Fatoki, O. (2014). The financial literacy of micro entrepreneurs in South Africa. Journal of Social Sciences, 40(2), 151–158. https://doi.org/10.1080/09718923.2014.11893311