Perkembangan zaman telah mengarahkan sektor akuntansi untuk berintegrasi dengan keberadaan teknologi, dimana sebelumnya akuntan memperoleh, melakukan pencatatan, dan melaporkan hasil transaksi dengan berbasis kertas dan membutuhkan waktu, kini semakin lebih mudah dan cepat melalui bantuan teknologi. Serangkaian teknologi modern telah hadir dan menjadi pertimbangan bagi dunia akuntansi untuk mengadopsi beberapa software yang bertujuan untuk mewadahi proses pencatatan sesuai dengan fitur yang disediakan. Berdasarkan RemoteCA (2023) dalam laman LinkedIn menuliskan Artificial Intelligence (AI) telah merevolusikan perkembangan sektor Akuntansi yang mengotomatisasikan berbagai pekerjaan, menyajikan hasil analitik yang mampu membantu memprediksi kinerja di masa mendatang secara real-time, hingga menemukan trend pasar serta alokasi keuangan secara efisien.

Hal tersebut selaras dengan hasil penelitian Gray et al. (2014) dan Munoko et al. (2020) yang menyatakan hasil pertumbuhan pesat AI mendorong pelaksanaan akuntansi menjadi terotomatisasi dan menghasilkan banyak informasi tersembunyi yang didukung kecanggihan AI dalam memproyeksikan berbagai alternatif yang dapat dituju oleh perusahaan. Kemajuan AI meningkatkan pengambilan Keputusan para pemimpin untuk menemukan solusi dengan cepat, seperti memperbarui model strategi bisnis secara berkala dengan memperhatikan hal kecil yang berpotensi mempengaruhi performa perusahaan apabila tidak ditangani dengan cepat.

Dengan kehadiran AI sebagai salah satu teknologi modern pada Akuntansi, membantu mengumpulkan data dari sumber yang berbeda, berupa invoices, receipts, bills, dan sebagainya yang kemudian dianalisis menggunakan bantuan machine learning untuk mengidentifikasi pola data secara akurat yang membantu penyusunan biaya anggaran perusahaan kedepan dan tindakan tepat dari department lainnya, seperti pembelian, penjualan, dan produksi seperti yang dihasilkan dari penelitian (Deniswara et al., 2021). Membahas lebih lanjut, berikut beberapa software AI Accounting yang dikaji oleh RemoteCA (2023), antara lain:

  1. ai: Software Vic.ai mengarahkan AI untuk mengatur proses pada Akuntansi, dimana dengan algoritma yang disusun bertujuan untuk membaca jutaan invoices yang kemudian di extract tanpa perlu disesuaikan ke template. Software Vic.ai meningkatkan keakuratan penyajian data sebesar 97 – 99% dan dapat secara berkelanjutan diintegrasikan kepada beberapa software lain seperti SAP dan ERP. Selain itu, membantu mengidentifikasi dokumen yang terduplikasi pada data transaksi yang diterima.
  2. Indy: Aplikasi berbasis AI yang dikembangkan untuk para professional, pebisnis, maupun entrepreneur dengan kemampuan pengelolaan data 20x lebih cepat dari software tradisional.
  3. Docyt: Sebuah Accounting platform yang membantu mempercepat proses pengambilan Keputusan dengan mendigitalisasikan data keuangan yang terotomatisasi. Aplikasi tersebut dapat menerima data dari berbagai sumber, mengidentifikasi seluruh data, dan membuat tindakan yang tepat untuk dianalisis lebih lanjut, dimana aplikasi dapat berjalan 24 jam. Dengan menggunakan aplikasi Docyt membantu menghasilkan wawasan secara real-time yang berdampak kepada penilaian serta pengambilan keputusan di masa mendatang.
  4. Booke Ai: Sebuah aplikasi berbasis AI yang bertujuan untuk membuat pembukuan menjadi lebih mudah dengan menghadirkan beberapa fitur seperti auto-categorization of transactions, AI-assisted reconciliation, and real-time OCR extraction of data from bills, receipts, dan invoices. Platform ini juga terintegrasi dengan Xero, dan software lainnya yang membantu komunikasi kepada klien serta membangun kolaborasi antar bagian menjadi lebih efisien.
  5. Truewind: Menyediakan pembukuan yang terpercaya dengan pembentukan model keuangan yang detail dalam membantu menentukan pertumbuhan perusahaan, target beban serta biaya yang dikeluarkan, hingga menghasilkan laporan keuangan yang berguna bagi para investor.
  6. Gridlex Sky: Meningkatkan proses dalam pengumpulan invoice, mengatur credit control, rekonsiliasi, forecasting, dan penyusunan anggaran (Budgeting).
  7. Ai: Aplikasi yang didesain untuk membantu UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dalam mengatur operasional keuangan secara efektif, tanpa biaya, waktu, dan usaha yang lebih seperti saat menggunakan software tradisional.
  8. Blue Dot: Menggunakan deep learning and Natural Language Processing (NLP) untuk menghasilkan informasi yang komprehensif terkait dengan aktivitas transaksi karyawan, dimana untuk menyesuaikan dengan kepatuhan perpajakan dan mencegah adanya kerentanan dari pajak yang dikenakan.
  9. Bill & Divvy: Aplikasi berbasis cloud yang bertujuan untuk meningkatkan proses pencatatan dan penyajian account receivable and account payable.
  10. Sage Intacct: Platform berbasis cloud yang bertujuan untuk meningkatkan tata kelola keuangan perusahaan yang menghasilkan informasi real-time.

Di masa mendatang, AI dapat lebih mewadahi pelaksanaan pencatatan Akuntansi dan terus mengalami perkembangan, sehingga diperlukan tindakan yang tepat untuk menghindari ancaman berupa gap skills antara akuntan dengan AI.

REFERENCES

  • RemoteCA. (2023, June 29). Harnessing the Power of AI: The 10 Best AI Accounting Tools of 2023. Retrieved from LinkedIn: https://www.linkedin.com/pulse/harnessing-power-ai-10-best-accounting-tools-2023-remote-ca/
  • Deniswara, K., Prabowo, H., & Nathanael Mulyawan, A. (2021). Digital Business Transformation: Exploration of the Use of Erp Based Private Cloud to Improve Managing System in the Company (Case Study on One of Public Company in Indonesia). ACM International Conference Proceeding Series. https://doi.org/10.1145/3494583.3494599
  • Gray, G. L., Chiu, V., Liu, Q., & Li, P. (2014). The expert systems life cycle in AIS research: What does it mean for future AIS research? International Journal of Accounting Information Systems. https://doi.org/10.1016/j.accinf.2014.06.001
  • Munoko, I., Brown-Liburd, H. L., & Vasarhelyi, M. (2020). The Ethical Implications of Using Artificial Intelligence in Auditing. Journal of Business Ethics. https://doi.org/10.1007/s10551-019-04407-1

 

Image Source: Istimewa