Rekan – rekan pembaca sekalian pasti pernah mendengar tentang Cryptocurrency, yaitu mata uang virtual yang berbasis blockchain. Kemudian apakah itu yang disebut dengan Bitcoin dan Altcoin? Nah dalam artikel ini kita akan membahas tentang Bitcoin dan Altcoin.

Meskipun Bitcoin (BTC) adalah mata uang kripto tertua dan masih menjadi mata uang kripto terkemuka berdasarkan kapitalisasi pasar, ada banyak dunia kripto selain Bitcoin. Jenis cryptocurrency ini sering disebut sebagai alternatif dari Bitcoin, atau disingkat altcoin (Aysan et al., 2021).

Kebanyakan altcoin dibangun dengan semangat Bitcoin, yang merupakan mata uang berbasis blockchain yang terdesentralisasi. Namun ada berbagai kategori altcoin yang memiliki berbagai peran dan tujuan, bergantung pada blockchain yang menjadi dasarnya. Saat ini terdapat puluhan ribu altcoin di pasaran. Ethereum (ETH), yang berada di urutan kedua setelah Bitcoin, adalah altcoin terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar.

Kesamaan

Mengingat mata uang kripto masih merupakan kelas aset spekulatif, baik Bitcoin maupun altcoin bersifat fluktuatif. Baik Bitcoin maupun altcoin memiliki karakteristik serupa. Keduanya merupakan sistem peer-to-peer yang dapat digunakan sebagai alat tukar pembelian barang dan jasa dalam transaksi digital.

Untuk membeli Bitcoin atau altcoin, investor memerlukan dompet digital untuk membeli, menjual, atau menyimpan aset ini. Kedua jenis mata uang kripto ini terdesentralisasi, yang berarti tidak diperlukan pihak ketiga untuk memproses transaksi, juga tidak ada entitas pusat untuk mengendalikan jaringan Bitcoin atau altcoin tertentu (Ciaian et al., 2018).

Perbedaan

Perbedaan utama antara Bitcoin vs. altcoin meliputi:

  • Bitcoin telah ada lebih lama dibandingkan altcoin mana pun.
  • Nilai: Harga BTC secara historis lebih tinggi dibandingkan altcoin mana pun.
  • Utilitas: Meskipun Bitcoin dianggap sebagai penyimpan nilai, banyak altcoin menawarkan fungsi atau kemampuan yang berbeda dibandingkan dengan Bitcoin.

Referensi:

Aysan, A. F., Khan, A. U. I., & Topuz, H. (2021). Bitcoin and Altcoins Price Dependency: Resilience and Portfolio Allocation in Covid‐19 Outbreak. Risks, 9(4), 1–13. https://doi.org/10.3390/risks9040074

Ciaian, P., Rajcaniova, M., & Kancs,  d’Artis. (2018). Virtual relationships: Short- and long-run evidence from BitCoin and altcoin markets. Journal of International Financial Markets, Institutions and Money, 52, 173–195. https://doi.org/10.1016/j.intfin.2017.11.001

BLH

Image Source: Google Images