MEMAHAMI KONSEP DASAR RESPON BISNIS TERHADAP PEMANGKU KEPENTINGAN KONSUMEN/ BUSINESS’S RESPONSE TO CONSUMER STAKEHOLDERS

Respon bisnis terhadap pemangku kepentingan konsumen dimaksudkan untuk mempertahankan hubungan yang baik dengan pelanggan dan memastikan keberlanjutan bisnis. Beberapa contoh respons bisnis terhadap pemangku kepentingan konsumen adalah: perusahaan dapat merespon kritik dan umpan balik pelanggan dengan terus meningkatkan produk atau layanan mereka. Ini mencakup peningkatan dalam desain produk, bahan, atau kinerjanya, serta peningkatan dalam proses produksi atau pengiriman layanan.

Bisnis dapat berkomunikasi dengan konsumen dengan jujur dan transparan tentang produk, layanan, harga, dan praktik bisnis. Ini termasuk memberikan informasi lengkap dan jelas tentang produk atau layanan yang ditawarkan. Bisnis dapat menunjukkan dukungan mereka kepada pelanggan dengan menawarkan program loyalitas atau insentif yang memberikan nilai tambahan kepada pelanggan yang setia, seperti diskon, hadiah, atau program penghargaan. Mereka juga dapat menanggapi dengan memberikan informasi yang bermanfaat kepada pelanggan, seperti panduan pengguna, konten edukasi, dan instruksi tentang cara menggunakan produk atau layanan. Untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi pelanggan, bisnis dapat mengembangkan produk atau layanan yang lebih sesuai dengan harapan pelanggan.  Respon bisnis yang positif terhadap pemangku kepentingan konsumen membangun kepercayaan, memperkuat hubungan pelanggan, dan dapat membantu perusahaan berkembang dalam jangka panjang.

Business’s Response to Consumer Stakeholders

Respons bisnis terhadap konsumerisme dan pemangku kepentingan konsumen telah bervariasi selama bertahun-tahun. Ini telah berkisar dari taktik hubungan masyarakat yang dipahami dengan buruk di satu ekstrem hingga program yang dirancang dan diimplementasikan dengan baik yang berfokus pada hubungan pelanggan, kepuasan pelanggan, keterlibatan pelanggan, dan manajemen hubungan pelanggan di sisi lain ekstrim.

Pemberian Garansi pada Produk. Memberikan garansi ketika ada kerusakan sebelum masa garansi habis dan menyediakan barang dan jasa yang berkualitas. Memberikan informasi yang benar mengenai barang dan jasa yang akan dijual. Bisnis perlu memberikan harga produk dan jasa yang adil dan wajar. Bisnis berusaha memberikan manfaat yang baik dengan menjual produk/jasa kepada para konsumennya dengan harapan adanya order ulang dari mereka. Memiliki Customer Service yang Baik

Konsumen dapat memesan sesuai dengan yang diinginkan dan dapat menerima saran dan kritik dari konsumen. Perusahaan perlu memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar seperti di bidang pendidikan, kesehatan, fasilitas umum, dan bantuan sosial.

Contoh Business’s Response to Consumer Stakeholders dalam perusahaan sebagai berikut :

Respons bisnis mencakup program yang berfokus pada kualitas dan berkelanjutan inisiatif peningkatan seperti Total Quality Management (TQM), Kaizen, ISO Sertifikasi, dan program Lean Six Sigma, meskipun ada beberapa indikasi bahwa ini tidak disukai, karena melewati “keisengan”. Meskipun program tertentu mungkin menjadi kurang modis untuk bisnis, kegiatan inti yang terlibat dalam menjadi responsif terhadap konsumen tetap. Respon PepsiCo pada masa pandemic COVID-19. Menanggapi krisis kesehatan global, PepsiCo mengambil tindakan global untuk mendukung masyarakat yang membutuhkan. PepsiCo mengumumkan bahwa mereka memobilisasi sumber dayanya untuk berinvestasi hingga $11 juta untuk menyediakan makanan, air, dan dukungan penting lainnya kepada komunitas yang terkena dampak COVID-19 di seluruh dunia.

Respon Audible Stories pada masa pandemic COVID-19. Sementara gedung sekolah ditutup, Audible menawarkan ratusan buku audio gratis untuk anak-anak dan remaja melalui layanan streaming Stories di stories.audible.com. Audible Stories menampilkan berbagai konten, dari Winnie-the-Pooh untuk “pendengar paling kecil”, hingga sastra klasik seperti Pride and Prejudice, hingga Harry Potter dan Batu Bertuah yang selalu populer (ya, versi Inggris!). Platform ini mencakup buku audio dalam delapan bahasa: Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol, Portugis, Belanda, Italia, dan Jepang. Semua cerita gratis untuk streaming didesktop, laptop, ponsel, atau tablet.

Respon Expensify pada masyarakat di masa pandemic. Expensify membantu keluarga yang mengandalkan Program Bantuan Nutrisi Tambahan (SNAP) untuk memenuhi kebutuhan selama masa pandemic covid-19. Perusahaan perangkat lunak telah mengalihkan semua dana amalnya untuk mengganti hingga $50 per keluarga untuk barang-barang penting dan bahan makanan yang dibeli dengan kartu SNAP.

Referensi:

Archie B. Carroll, Jill Brown, Ann K. Buchholtz. (2018). Business & Society: Ethics, Sustainability & Stakeholder Management. 10. Cengage Learning. Boston. ISBN: 9781305959828.

Image Source: Google Images

Comments :