MEMAHAMI KONSEP DASAR OPINI PUBLIK/ THE PUBLIC OPINION

Opini publik adalah pandangan dan pendapat yang dimiliki oleh sekelompok orang atau masyarakat secara luas tentang suatu masalah atau subjek. Opini publik dapat berdampak pada tindakan dan kebijakan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Opini publik dapat memengaruhi hasil pemilihan umum dan pemilihan politik; pemilih akan memilih berdasarkan pandangan mereka tentang calon dan partai politik, dan opini publik juga dapat memengaruhi keberhasilan atau kegagalan produk konsumen. Suatu produk mungkin lebih sukses dipasaran jika banyak orang memberikan ulasan positif. Opini publik dapat memengaruhi keputusan kesehatan individu, seperti penggunaan obat-obatan atau vaksinasi. Opini publik tentang privasi teknologi dapat memengaruhi pemerintah, perusahaan teknologi, dan hak individu.

Tindakan dan kebijakan lingkungan dapat dipengaruhi oleh pandangan masyarakat tentang masalah lingkungan seperti perlindungan hutan hujan, pengurangan sampah plastik, dan energi terbarukan. Opini publik tentang masalah keamanan, seperti terorisme dan kebijakan imigrasi, dapat memengaruhi sikap dan tindakan pemerintah. Opini publik sangat penting untuk demokrasi dan proses pengambilan keputusan masyarakat.

Opini public/ The Public Opinion

Definisi Public Opinion menurut pakar sebagai berikut : menurut William Albig, opini publik merupakan opini yang timbul akibat adanya interaksi antara individu-individu yang menyatakan pendapatnya melalui perdebatan. Bernard Hennessy mendefinisikan opini publik sebagai sebuah kompleksitas keyakinan yang diungkapkan oleh sejumlah orang tentang suatu persoalan yang berkaitan dengan kepentingan umum. Opini publik menurut Frazier Moore adalah ungkapan keyakinan yang menjadi pegangan bersama di antara para anggota sebuah kelompok atau publik mengenai suatu masalah kontroversial yang menyangkut kepentingan umum. Dari ketiga definisi opini publik di atas, dapat saya simpulkan opini publik dalam etika bisnis berarti merupakan opini yang muncul akibat keyakinan masyarakat mengenai suatu masalah etika bisnis yang kontroversial dalam perusahaan tersebut.

Referensi:

Archie B. Carroll, Jill Brown, Ann K. Buchholtz. (2018). Business & Society: Ethics, Sustainability & Stakeholder Management. 10. Cengage Learning. Boston. ISBN: 9781305959828.

Image Source: Google Images

Comments :