Memahami konsep dasar Kualitas dan Keamanan/Quality and Safety

Kualitas dan keamanan adalah dua komponen penting dalam kehidupan sehari-hari, dan kita sering berinteraksi dengan mereka dalam berbagai situasi. Kualitas: Memilih makanan segar dan berkualitas tinggi (seperti buah dan sayuran) untuk diet sehari-hari dan minum air bersih yang bebas kontaminan untuk menjaga kesehatan. Untuk menjaga kenyamanan dan kendalan selama perjalanan, pilih mobil yang dirawat dengan baik. Contoh keamanan dalam kehidupan sehari-hari termasuk memastikan makanan yang dikonsumsi aman dengan memasak daging dengan benar, menyimpan makanan pada suhu yang aman, dan memperhatikan tanggal kadaluwarsa produk. Selain itu, memastikan air yang dikonsumsi aman dengan meminum air yang telah diolah dan diuji. Untuk tetap aman saat berkendara, pastikan untuk mematuhi aturan lalu lintas, menggunakan sabuk pengaman, dan rutin memeriksa kendaraan Anda.

memastikan bahwa tindakan lingkungan yang dilakukan setiap hari tidak mengancam keberlanjutan lingkungan. Untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik dan lingkungan yang aman, penerapan kualitas dan keamanan dalam kehidupan sehari-hari membantu menjaga kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan individu serta memastikan bahwa produk dan layanan yang digunakan atau dikonsumsi memenuhi standar yang diharapkan. Quality: Arti kualitas produk bervariasi dari orang ke orang. Layanan berkualitas tinggi biasanya berarti bahwa layanan diberikan seperti yang diharapkan dan tepat waktu. Peningkatan pendapatan keluarga dan persaingan global yang ketat mendorong bunga.

Kesehatan: Hampir semua barang dan jasa membawa risiko kecil bagi pengguna. Kepedulian publik terhadap produk bebas risiko dan keselamatan didorong oleh tanggung jawab bisnis untuk menangani masalah ini.

Contoh Two Central Issues: Quality and Safety dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut :

– Keamanan suatu makanan jika kita melihat ke dalam makanan kemasan yang kita makan contohnya maka di dalam kemasan itu terdapat expired date atau tanggal kadaluarsa yang mana merupakan salah satu indikasi keamanan. Jika produk tidak mencantumkan expired date maka keamanan suatu makanan pun tidak terjamin

– Gadget Quality jika dilihat quality sebuah produk juga memiliki andil yang penting ketika konsumen mempertimbangkan sesuatu. Seperti contohnya gadget dengan merk apple sudah terkenal dengan kualitas baiknya sedangkan ada merk lain yang memiliki kualitas yang rendah.

Tata cara pemakaian sebuah produk seperti produk A memiliki cara cara ataupun langkah langkah yang harus dilakukan sebelum memakai produk tersebut

Contoh Two Central Issues: Quality and Safety dalam perusahaan sebagai berikut : Safety Toyota dalam hal ini perusahaan toyota harus menjamin keselamatan untuk produk nya yaitu mobil. Dengan begitu konsumen memiliki rasa kepercayaan yang tinggi terhadap produk tersebut. Perusahaan tidak menghargai konsumen dengan baik hal ini menunjukan quality issue didapatkan oleh perusahaan tersebut dikarenakan tidak dapat memuaskan keinginan pelanggan. Perusahaan tidak mengetahui produk dengan baik hal ini memberikan quality yang buruk dikarenakan perusahaan tidak mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari suatu produk tersebut.

Pengertian Two Central Issues: Quality and Safety menurut  pakar sebagai berikut :  Tjiptono (2004), mendefinisikan kualitas sebagai kesesuaian untuk digunakan (fitness for use).

Definisi menunjukan kualitas sebagai tolak ukur kepuasan konsumen. Menurut Goetsch dan Davis (2005), kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang berkaitan dengan produk, pelayanan, orang, proses, dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi apa yang diharapkan. Definisi ini menunjukkan bahwa kualitas baik produk maupun yang lain adalah harapan konsumen yang harus dipenuhi. Kotler (2005), beranggapan bahwa kualitas adalah keseluruhan sifat suatu produk atau pelayanan yang berpengaruh pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan atau tersirat. Definisi ini juga mengatakan bahwa kualitas produk atau layanan berpengaruh kepada tingkat kepuasan konsumen

Referensi:

Archie B. Carroll, Jill Brown, Ann K. Buchholtz. (2018). Business & Society: Ethics, Sustainability & Stakeholder Management. 10. Cengage Learning. Boston. ISBN: 9781305959828.

Image Source: Google Images

Comments :