MEMAHAMI KONSEP DASAR ETIKA MANAJERIAL DAN ETIKA PRINSIPAL/ MANAGERIAL ETHIC DAN ETHIC PRINCIPAL

Etika Manajemen: Untuk menerapkan etika manajemen, manajer perusahaan harus memastikan bahwa mereka memperlakukan setiap anggota tim dengan adil dan tanpa diskriminasi. Ini menyebabkan lingkungan kerja menjadi adil dan inklusif. Manageri harus berkomunikasi dengan anggota tim secara terbuka. Untuk membantu tim membuat keputusan yang informasional, mereka harus memberikan informasi yang jujur dan relevan, bahkan jika itu berita buruk. Manajer harus memberikan peluang bagi karyawan mereka untuk berkembang dan berkembang. Ini termasuk memberikan dukungan dan pelatihan yang diperlukan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka. Etika pemilik (pemilik atau pemimpin tingkat tinggi): Prinsipal perusahaan harus mempertimbangkan etika saat membuat keputusan, bahkan jika itu berarti mengorbankan keuntungan jangka pendek untuk nilai moral yang lebih tinggi. Untuk menciptakan transparansi dan integritas dalam perusahaan, pemimpin harus menghindari situasi di mana kepentingan pribadi atau keluarga bertentangan dengan kepentingan bisnis. Pemimpin perusahaan harus mengutamakan kepentingan bersama dan keberlanjutan jangka panjang daripada kepentingan individu atau kelompok kecil. Ini akan menjamin kesinambungan perusahaan. Dalam membangun budaya etika dalam perusahaan, etika manajer dan prinsipal sama-sama penting; manajer bertanggung jawab untuk menerapkan etika dalam operasi sehari-hari, sedangkan prinsipal bertanggung jawab untuk memberikan contoh moral yang kuat.

Contoh Managerial Ethic dan Ethic Principal dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut :

  • Managerial Ethic adalah seperangkat prinsip dan aturan yang didikte oleh manajemen yang menentukan apa yang benar dan apa yang salah dalam suatu organisasi.
  • Prinsip dasar etika profesi termuat dalam bagian A Kode Etik Profesi Akuntan Publik tersebut meliputi prinsip kejujuran, prinsip Loyalitas, prinsip keadilan, prinsip integritas moral, prinsip otonomi.
  • Prinsip Kejujuran – Dengan menerapkan kejujuran dalam setiap proses, bisnis Anda akan lebih dipercaya oleh konsumen.
  • Prinsip Loyalitas – Adanya komitmen yang kuat untuk menjalankan bisnis secara menyeluruh.
  • Prinsip Keadilan – semua pihak yang terlibat dalam bisnis memiliki kesempatan yang sama untuk mendukung keberhasilan bisnis.
  • Prinsip Integritas Moral – semua pihak perusahaan harus memiliki tanggung jawab untuk menjaga nama baik perusahaan.
  • Prinsip Otonomi – pengambilan keputusan yang tepat disertai dengan tanggung jawab sekalipun hasilnya buruk.
  • Contoh Etika :
  • Etika Perangai – pergaulan anak muda, upacara adat, upacara pernikahan di daerah tertentu, dan busana adat daerah.
  • Etika Moral – berkata jujur, menghormati orang yang lebih tua, menghargai perbedaan pendapat, menyantuni anak yatim, membela kebenaran dan keadilan.
  • Etika Pribadi – seorang pebisnis yang sukses dan kaya raya bisa menjadi orang yang sukses karena tidak lupa dirinya sebagai hamba Tuhan, sehingga berusaha maksimal untuk memberikan yang terbaik.
  • Etika Sosial – seorang pejabat yang dipercaya untuk mengelola keuangan milik negara melakukan korupsi sampai tidak dapat tanggung jawab pada pemerintah. Etika ini bisa merusakan nilai sosial yang ada dalam masyarakat.

Contoh Managerial Ethic dan Ethic Principal dalam perusahaan sebagai berikut :

Contohnya :

  • Prinsip Kejujuran – Bila kita menjalankan suatu usaha, kita selalu jujur dalam menggaji para karyawan
  • Prinsip Keadilan – Ada pedagang yang menjual daging di pasar yang sama-sama menjual daging sapi, keadilan ini harus mereka tegakkan supaya ketika ada suatu hal tidak diinginkan seperti, salah satu merasa di rugikan, yang di rugikan ini boleh menuntut secara hukum.
  • Prinsip Otonomi – Seseorang harus tau kegiatan dibidang apa yang sedang dijalani, situasi yang diharapkannya apa yang diharapkan orang tersebut, dan akan seperti apa bisnis itu kedepannya. Jadi seperti, orang itu harus sadar dan tahu baik bagi dirinya dan perusahaan maupun bagi pihak lain.
  • Prinsip Saling Menguntungkan – Toko Skincare menyediakan produk-produk yang berkualitas kepada para konsumen. Dengan begitu, konsumen akan memperoleh manfaat yang maksimal dari produk skincare tersebut.
  • Prinsip Integritas Moral – Perusahaan yang menjaga nama baiknya dengan menanamkan integritas moral seperti memberikan pelayanan terbaik bagi para pengguna layanannya.

Definisi Prinsip Etika menurut para ahli sebagai berikut :

  • Velasquez (2005), menyatakan bahwa etika bisnis merupakan studi yang dikhususkan tentang benar dan salah dan berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis;
  • Irham Fahmi (2013) menyatakan bahwa etika bisnis adalah aturan-aturan yang menegaskan suatu bisnis boleh bertindak dan tidak boleh bertindak, di mana aturan-aturan tersebut dapat bersumber dari aturan tertulis maupun dari aturan yang tidak tertulis. Dan jika suatu bisnis melanggar aturan-aturan tersebut maka sangsi akan diterima, di mana sangsi tersebut dapat berbentuk langsung maupun tidak langsung.
  • Hill dan Jones (1998) menyatakan bahwa etika bisnis merupakan suatu ajaran untuk membedakan antara salah dan benar guna memberikan pembekalan kepada setiap pemimpin perusahaan ketika mempertimbangkan untuk mengambil keputusan strategis yang terkait dengan masalah moral yang kompleks.

Referensi:

Archie B. Carroll, Jill Brown, Ann K. Buchholtz. (2018). Business & Society: Ethics, Sustainability & Stakeholder Management. 10. Cengage Learning. Boston. ISBN: 9781305959828.

Image Source: Google Images

Comments :