Pada dasarnya, akuntansi syariah sama dengan akuntansi dengan umumnya. Namun, akuntansi syariah memiliki beberapa perbedaan dengan akuntansi konvensional. Dikarenakan di Indonesia memiliki jumlah penduduk muslim yang tinggi, maka tidaklah heran apabila dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar tentang syariah.Hingga saat ini, sudah banyak sekali perusahaan yang menerapkan akuntansi syariah, salah satunya adalah perbankan dikarenakan ilmu akuntansi tersebut dapat membawa dampak positif, terutama dalam bidang perekonomian dalam suatu negara.

Secara umum, pengertian akuntansi syariah dapat diartikan dari kata yang terpisah, yaitu dari kata Akuntansi dan syariah. Dimana akuntansi adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang transaksi, pencatatan, penggolongan dan pengikhtisaran untuk memudahkan untuk membuat laporan keuangan yang dimana hasil dari laporan tersebut kemudian nantinya akan membantu dalam mengambil keputusan.

Sementara itu, kata syariah sendiri memiliki cakupan aturan yang memberikan batas yang boleh dan tidak boleh dalam aturan ajaran islam. Apabila kedua arti tersebut digabungkan, maka pengertian dari akuntansi syariah adalah laporan data finansial yang digunakan oleh perusahaan, lembaga atau organisasi yang menggunakan syariah.

Kini, Standar akuntansi keuangan syariah dirancang oleh ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dan sesuai dengan fatwa Majelis Utama Indonesia (MUI) sebagai pedoman yang mengatur peroperasiannya dan juga akuntansi syariah ini sangat berperan penting dalam keberlangsungan ilmu akuntansi, terutama di Indonesia yang sebagian besar masyarakatnya adalah penduduk muslim.

Prinsip-Prinsip Akuntansi Syariah

  • Prinsip pertanggungjawaban
  • Prinsip keadilan
  • Prinsip Kebenaran
  • Membangun kemitraan dengan masyarakat melalui perdagangan yang dibolehkan oleh syariah islam
  • Setiap kegiatan yang dilakukan, mengeluarkan zakat
  • Menghindari adanya monopoli
  • Larangan menerapkan bunga pada semua bentuk dan jenis transaksi
  • Menjalankan aktivitas bisnis dan perdagangan berdasarkan pada kewajaran dan keuntungan yang halal.

Referensi :

Image Source: Google Images