Ilmu akuntansi memiliki ruang lingkup yang sangat luas. Atas dasar itu mulailah bermunculan berbagai bidang rumpun ilmu akuntansi berdasarkan fungsinnya yang dimana bidang-bidang akuntansi terbagi menjadi sembilan bidang.

Bidang-bidang khusus dalam akuntansi itu adalah sebagai berikut:

  • Akuntansi Biaya
    Bidang akuntansi yang berhubungan dengan perencanaan, penetapan, dan pengendalian biaya produksi. Misalnya yang berkaitan dengan penentuan harga pokok produksi dan pengendalian biaya produksi. Akuntansi biaya bermanfaat bagi manajemen untuk mengendalikan kegiatan perusahaan dan merencanakan kegiatan perusahaan di masa depan berdasarkan data-data biaya yang diperoleh.
  • Akuntansi Manajemen
    Jenis akuntansi ini dapat membantu memecahkan berbagai masalah khusus yang dihadapi manajemen, yang pemecahannya membutuhkan beberapa alternatif. Dalam bidang ini, biasanya dilakukan penafsirran dan pengembangan data-data akuntansi, baik data yang berasal dari masa lalu maupun data tafsiran untuk membantu manajemen dalam mengoperasikan perusahaan.
  • Sistem Akuntansi
    Merupakan jenis bidang akuntansi yang melakukan perencanaan prosedur berupa pengikhtisaran, pencatatan, dan pelaporan data keuangan. Sistem ini harus menciptakan suatu sistem yang dapat mempermudah pengelolaan dan pengendalian perusahaan
  • Akuntansi Pendidikan
    Bidang-bidang akuntansi yang berkaitan dengan pengembangan pendidikan dalam rangka menyebarkan ilmu akuntansi.
  • Akuntansi Anggaran
    Bidang akuntansi yang berhubungan dengan penyusunan anggaran perusahaan dan kemudian membandingkannya dengan realitasnya agar dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi.
  • Akuntansi Pemeriksaan / Auditing
    Bidang akuntansi yang mengkhususkan diri pada pemeriksaan catatan-catatan akuntansi secara independen. Pelaksanaannya biasa disebut dengan auditor yang dimana tugasnya ialah memeriksa apakah pencatatan transaksi telah sesuai dengan SAK yang berlaku.
  • Akuntansi Pemerintahan
    Bidang akuntansi yang mengkhususkan diri dalam menyajikan laporan keuangan dan transaksi-transaksi yang dilakukan oleh pemerintah. Jenis bidang ini biasanya berkaitan dengan pembuatan anggaran negara beserta laporan realisasinya. Kegiatan ini bermanfaat untuk mengendalikan pengelolaan keuangan negara.

 

Referensi:

Image Source: Google Images