Luca Pacioli adalah seorang matematikawan dan seorang biarawan Italia yang hidup pada abad ke-15. Beliau lahir pada tahun 1446 di Burgo San Sepolcro, Tuscany, Italia, dengan nama lengkap Luca Pacioli lahir dengan nama Fra Luca Bartolomeo de Pacioli pada tahun 1445 di Burgo San Sepolcro, Tuscany, sebuah kota yang ada di Italia. Ia menghabiskan masa kecilnya di Venesia, sebelum akhirnya pindah ke Romania pada tahun 1964. Di Roma, ia telah banyak mempelajari ilmu-ilmu yang diberikan dari para seniman serta matematikawan Piero dello Francesca dan arsitek Leon Battista Alberti.

Berkat ilmu-ilmu yang diberikan oleh kedua tokoh penting Renaisans (Seniman & Matematikawan Pierro dello Francesca dan arsitek Leon Battista Alberti) inilah, Luca Pacioli menerima banyak pemahaman mengenai dasar-dasar dari geometri, aljabar, lukisan, dan perspektif. Pada tahun 1471, Luca Pacioli terlebih dahulu pindah ke Perugioa untuk mengajar sebelum akhirnya melakukan perjalanan ke seluruh wilayah Italia untuk menjadi guru bagi anak-anak dari keluarga kaya. Dari tahun 1487 sampai dengan 1491, beliau kembali mengajar di Perugia dikarenakan ia telah menjadi bawahan dari seorang biarawan Fransiscan Minorit.

Selain dikenal sebagai teman dekat dari Leonardo da Vinci, Luca Pacioli juga diakui sebagai Bapak Akuntansi Dunia. Julukan tersebut ia peroleh pada saat ia mempopulerkan sistem pembukuan dagang atau yang biasa dikenal dengan sistem akuntansi entri ganda. Sehingga, bisa dibilang bahwa Luca Pacioli memperkenalkan sistem pembukuan berpasangan dalam buku yang berjudul Summa de Aritmatica, Geometrica Proortioni et Propotionallia. Isi dari buku tersebutlah yang menjadi cita bakal munculnya ilmu akuntansi dan hal itu merupakan salah satu alasan mengapa Luca Pacioli bisa disebut sebagai Bapak Akuntansi Dunia.

 

Referensi:

Image Source: Google Images