Revenue stream merupakan aliran pendapatan yang menjadi sumber kas bagi suatu perusahaan. Biasanya, revenue stream terkait dengan aliran dana atau pemasukan yang diperoleh oleh perusahaan. Pendapatan ini tidak hanya berasal dari satu sumber, melainkan dari dua jenis sumber pendapatan yang umumnya dibagi oleh perusahaan.

Ada dua jenis utama revenue stream, yaitu pendapatan langsung dan pendapatan tidak langsung. Pendapatan langsung berasal dari kegiatan operasional perusahaan, seperti penjualan produk dan jasa. Sementara pendapatan tidak langsung berasal dari kegiatan non-operasional atau bisnis sampingan, seperti investasi, aset, franchise, dana hibah, dan hak lisensi.

Dalam konteks operasional perusahaan, revenue stream bisa menjadi indikator keberhasilan bisnis. Diversifikasi sumber pendapatan bisa membantu mengurangi risiko kerugian saat terjadi penurunan pasar atau faktor eksternal seperti krisis ekonomi akibat bencana global seperti pandemi Covid-19. Semakin banyaknya sumber pendapatan menunjukkan kekokohan dasar keuntungan perusahaan dan jumlah dana yang masuk ke kas perusahaan.

Ada empat sumber utama pendapatan perusahaan di berbagai sektor bisnis:

  1. Pendapatan Penjualan: Pendapatan inti yang berasal dari penjualan produk atau layanan jasa.
  2. Pendapatan Bunga: Pendapatan dari bunga hasil investasi, seperti surat utang, dan termasuk dalam pendapatan non-operasional.
  3. Pendapatan Sewa: Pendapatan dari penyewaan aset tetap seperti bangunan, ruangan, atau peralatan.
  4. Pendapatan Dividen: Pendapatan non-operasional dari pembagian dividen kepada pemegang saham perusahaan.

Revenue stream bisa diklasifikasikan lebih detail menjadi tujuh sumber utama:

  1. Penjualan Aset: Pendapatan dari penjualan hak kepemilikan atas produk fisik dengan nilai ekonomi, seperti mobil atau properti.
  2. Biaya Pemakaian: Pendapatan dari penggunaan layanan tertentu, seperti biaya telepon atau pengiriman paket berdasarkan ukuran dan jarak.
  3. Biaya Berlangganan: Pendapatan berkelanjutan dari layanan langganan, misalnya keanggotaan fasilitas olahraga atau fitur pengelolaan keuangan bulanan dalam perangkat lunak akuntansi seperti Mekari Jurnal.
  4. Peminjaman/Menyewa/Kontrak: Pendapatan dari memberikan hak eksklusif penggunaan aset tertentu dalam jangka waktu tertentu sesuai perjanjian.
  5. Lisensi: Pendapatan dari memberikan izin pada konsumen untuk menggunakan hak kekayaan intelektual yang dilindungi dengan biaya lisensi, seperti penggunaan paten atau hak cipta.
  6. Biaya Broker: Pendapatan dari menjadi perantara dalam transaksi antara dua pihak, seperti bank yang mengambil sebagian persentase dari nilai transaksi antara penjual dan pembeli.
  7. Periklanan: Pendapatan dari iklan produk, layanan, atau merek tertentu, biasanya ditemui dalam industri media namun sekarang telah meluas ke hampir semua sektor industri.

Referensi:

Image Source: Google Images