Beberapa orang, terutama mereka yang tidak memiliki bisnis atau usaha, mungkin tidak tahu apa arti stock opname. Banyak hal yang harus dilakukan oleh bisnis yang menyediakan barang dagangan tentunya termasuk pemasaran, distribusi, produksi, hingga perhitungan stok barang dagangan.

Rangkaian tindakan yang dilakukan untuk menghitung jumlah stok barang yang masih tersimpan di dalam gudang dan siap untuk dipasarkan dikenal sebagai stock opname. Perhitungan jumlah barang dagang, pemeriksaan secara langsung, dan penataan barang untuk memudahkan operasi saat diperlukan adalah beberapa dari banyak kegiatan yang termasuk dalam rangkaian stock opname gudang.

Stock opname dikenal sebagai suatu proses menghitung jumlah barang yang ada di gudang sebelum dijual atau dipasarkan. Stock opname gudang sangat bermanfaat untuk memastikan bahwa semua proses bisnis berjalan dengan lancar. Proses stock opnameĀ  tidak dilakukan oleh karyawan biasa, tetapi oleh petugas audit dari manajemen. Selain itu, Stock Opname juga harus dilakukan dengan teliti dan cermat untuk menghindari kesalahan pencatatan dan penghitungan karena barang yang terlewat.

Referensi:

  • https://mekari.com/blog/stock-opname/#Arti_itu_Stock_Opname
  • https://www.sap-express.id/blog/ketahui-cara-melakukan-stock-opname-simak-langkahnya/

Image Source: Google Images