Perusahaan yang mengikuti pelatihan transformasi digital dengan mengadopsi kecerdasan buatan memiliki keuntungan karena mereka dapat memanfaatkan kecerdasan buatan pada semua aspek akuntansi, termasuk peningkatan efisiensi operasional, pengurangan biaya, dan ROI yang lebih signifikan (Akinadewo, 2021). Contohnya:

Pemrosesan Utang/Piutang

Pemrosesan faktur dianggap sebagai Kecerdasan Buatan salah satu bagian perusahaan yang paling memakan waktu dan padat karya. Sistem manajemen faktur berbasis kecerdasan buatan membantu dengan meningkatkan volume, melakukan pemrosesan tanpa kesalahan, dan meningkatkan hubungan vendor.

Orientasi Pemasok

Pendekatan berbasis kecerdasan buatan membantu memperluas jangkauan pelanggan, meningkatkan pendapatan, dan mengevaluasi pemasok dengan intervensi manusia yang minimal.

Proses Pengadaan

Proses pembelian dan pengadaan memerlukan banyak dokumen – terkadang dalam sistem berbeda yang tampaknya tidak terhubung. Dengan alur kerja berbasis kecerdasan buatan, tim keuangan dapat memproses data tidak terstruktur sekaligus memitigasi tata kelola/kepatuhan/risiko secara otomatis.

Audit

Analisis data menetapkan ruang lingkup audit, dan penilKecerdasan Buatanan risiko karena RPA dan analisis memfasilitasi pelacakan transaksi rutin. Komputasi kognitif, analitik prediktif, dan kecerdasan buatan memungkinkan pelacakan transaksi yang lebih kompleks sesuai perkiraan dan penilaian.

Arus Kas

Alat berbasis kecerdasan buatan memberdayakan perusahaan untuk merekonsiliasi aktivitas keuangan dengan cepat, memahami riwayat arus kas, dan memprediksi kebutuhan kas di masa depan. Aplikasi kecerdasan buatan juga memastikan semua proses keuangan aman dengan mengumpulkan data dari banyak sumber dan mengintegrasikan data tersebut.

Manajemen Biaya

Jika dilakukan secara manual, pengelolaan proses terkait pengeluaran tidak hanya dipenuhi dengan dokumen yang rumit – namun juga rentan terhadap penipuan dan pelanggaran data. Otomatisasi manajemen pengeluaran memastikan hampir tidak ada kesalahan dan memperingatkan tim akan adanya pelanggaran jika hal itu terjadi.

Dukungan Chatbot

Chatbot yang digerakkan oleh kecerdasan buatan membantu menyelesaikan pertanyaan pengguna dengan cepat dan efisien, termasuk pertanyaan tentang saldo akun, laporan keuangan, status akun, dll. Melacak faktur terutang dan mengotomatiskan proses pengumpulan tindak lanjut dengan Kecerdasan Buatan memastikan bahwa akun tetap seimbang dan segera ditutup (Alshurafat, 2023). Selain itu, chatbot menjawab pertanyaan rutin pelanggan dan dapat memberikan dukungan level-1.

Referensi:

  • Akinadewo, I. S. (2021). Artificial Intelligence and Accountants’ Approach to Accounting Functions. Covenant University Journal of Politics & International Affairs, 9(1), 40–55. http://journals.covenantuniversity.edu.ng/index.php/cujpia
  • Alshurafat, H. (2023). The Usefulness and Challenges of Chatbots for Accounting Professionals: Application on ChatGPT. The Hashemite University, Jordan.