Berikut ini adalah definisi kamus tentang apa itu teori:

  • Keyakinan atau prinsip yang memandu tindakan atau perilaku (seperti teori perilaku penguatan positif atau teori dalam manajemen tentang memotivasi karyawan)
  • Ide atau kumpulan ide yang dimaksudkan untuk menjelaskan sesuatu (seperti teori evolusi Darwin)
  • Seperangkat prinsip, yang menjadi dasar suatu subjek, atau gagasan yang disarankan untuk menjelaskan suatu fakta atau peristiwa (seperti teori ekonomi atau teori relativitas)
  • Lebih umum, dugaan atau opini

Teks ini tidak membahas pendapat yang mencirikan penggunaan umum istilah ‘teori’, tetapi mempertimbangkan teori-teori yang lebih sistematis. Oleh karena itu, teori akuntansi berarti:

  • Deskripsi, penjelasan, atau prediksi [praktik akuntansi] berdasarkan pengamatan dan/atau penalaran logis’
  • Penalaran logis dalam bentuk seperangkat prinsip luas yang (1) memberikan kerangka acuan umum yang dengannya praktik akuntansi dapat dievaluasi dan (2) memandu pengembangan praktik dan prosedur baru’.

Teori dapat memberikan manfaat yang sama dalam akuntansi dengan:

  • Mendeskripsikan dan menjelaskan praktik akuntansi saat ini, misalnya: – teori pasar modal menjelaskan bagaimana harga saham bereaksi terhadap informasi akuntansi – peneliti yang menyelidiki kegagalan pelaporan keuangan (seperti Enron), setelah mengidentifikasi faktor yang berkontribusi terhadap masalah ini (mis. kurangnya independensi auditor, standar akuntansi berbasis aturan dan pembayaran kompensasi berbasis saham), sampai pada teori tentang mengapa kegagalan ini terjadi.
  • Memprediksi praktik akuntansi, misalnya: – teori agensi atau kontrak, serta menjelaskan mengapa manajer dapat mengubah cara mereka mempertanggungjawabkan (yaitu kebijakan akuntansi) untuk pos-pos dalam laporan keuangan, membuat prediksi tentang kebijakan akuntansi yang akan dipilih oleh manajer dalam keadaan tertentu.
  • Menyediakan prinsip-prinsip untuk dipertimbangkan saat mengambil tindakan atau mengambil keputusan; misalnya: – dalam kursus akuntansi manajemen Anda akan menggunakan teori penganggaran modal, yang mungkin melibatkan penghitungan nilai sekarang bersih dari proyek dan periode pengembalian, untuk membantu memutuskan proyek mana yang akan diinvestasikan. – teori pengakuan aset membantu menentukan kapan dan bagaimana aset harus dimasukkan dalam laporan keuangan.
  • Membantu mengidentifikasi masalah dan kekurangan dengan praktik akuntansi saat ini dan melakukan perbaikan, misalnya: – Kerangka Konseptual akuntansi memberikan prinsip dasar yang menjadi dasar standar akuntansi (aturan pelaporan yang lebih rinci), yang dapat membuat praktik akuntansi lebih konsisten – teori tentang bagaimana investor membuat keputusan dan informasi apa yang mereka butuhkan dan gunakan dapat menjelaskan tindakan akuntansi mana yang paling berguna dan menyarankan cara untuk meningkatkan fungsionalitas laporan keuangan (misalnya dengan meningkatkan penggunaan nilai wajar) – teori tentang tanggung jawab sosial perusahaan dapat menyarankan bahwa perusahaan juga perlu memberikan informasi tentang dampak lingkungan dari kegiatan mereka.

Bahan dari buku:

  • Michaela Rankin, Kimberly Ferlauto, Susan McGowan, Patricia Stanton. (2018). Contemporary Issues in Accounting. 2. John Wiley & Sons. Australia. ISBN: 9780730343530. Chapter 1