Matriks yang ditampilkan sebelumnya (Hull, 2018) merupakan matriks yang digunakan oleh Moody’s. Matriks tersebut berdasarkan data historical yang dimiliki oleh Moody’s dari tahun 1970 sampai 2016. Jadi Credit Rating setiap perusahaan selama 46 tahun untuk melihat pergerakan dari suatu kelas ke kelas lain, sehingga terbentuk matriks tersebut yang kemudian menjadi sebuah dasar untuk memperkirakan kemungkinan perpindahan kelas Credit Rating.

Institusi keuangan lainnya dapat menyesuaikan apabila memang ingin mencari tahu perubahan Credit Rating setelah 2 tahun, 3 tahun, 5 tahun, atau bahkan lebih pendek seperti 6 bulan, 3 bulan, atau bahkan 1 bulan. Apabila menggunakan matriks 1 tahun sebagai dasar, maka dapat dikalikan dengan diri sendiri untuk mendapatkan matriks 2 tahun. Apabila ingin digunakan matriks 3 tahun, maka dapat dikalikan matriks 1 tahun dengan matriks 2 tahun. Untuk sederhananya, matriks Credit Rating dengan periode waktu tertentu, dapat digunakan dengan dipangkatkan dengan jumlah periode waktunya, dalam konteks ini tahun.

Namun untuk mendapatkan matriks berdasarkan periode waktu yang lebih pendek, maka sedikit sulit karena memerlukan akar dari matriks, apabila menggunakan matriks 1 tahun sebagai dasar. Apabila ingin mendapatkan matriks dengan periode waktu 6 bulan, maka diakar kuadratkan. Apabila ingin mendapatkan matriks dengan periode waktu 4 bulan, maka diakar kubikkan. Secara sederhananya, periode waktu sesuai dengan pangkat akarnya. Sebagai contoh 1/12 tahun sama dengan 1 bulan, maka untuk 1 bulan harus diakarkan dengan pangkat 12, dan begitu selanjutnya untuk yang lain.

Berdasarkan Wosko (n.d.), matriks ini tetap digunakan oleh banyak sebagai input dalam banyak analisa terhadap risiko kredit, sebagai contoh adalah dalam pengukuran risiko portofolio kredit. Dari penilaian menggunakan matriks tersebut diperlukan sebuah pengukuran VaR yang kemudian akan digunakan sebagai dasar dari decision making yang lebih komprehensif, eksak, dan tepat lagi.

Referensi:

  • Hull, J. C. (2018). Risk Management and Financial Institutions (5th ed.). Wiley.
  • Wośko, Z. (n.d.). Financial Econometrics II Credit Risk Part 2 [Slide show; Website]. Szkoła Główna Handlowa w Warszawie. https://web.sgh.waw.pl/~mrubas/EFII/pdf/CredRisk2.pdf

Image Source: Google Images