Pada saat ini Gen Y dan Gen Z memilih untuk datang ke pasar untuk membeli makanan atau kulineran ketimbang berbelanja kebutuhan pokok. Misalnya saja salah satu pasar tradisional di Tangerang yang ramai didatangi banyak kalangan termasuk Gen Y dan Z untuk membeli makanan atau kulineran pada malam hari. Pedagang yang tadinya hanya mengambil sedikit bahu jalan sehingga mobil bisa parkir, saat ini sudah tidak bisa karena banyaknya pedagang yang berjualan dan mengakibatkan setengah jalan diambil hanya untuk pedagang. Banyaknya animo masyarakat untuk datang dan kulineran di pasar tersebut menjadi penyebab ramainya pasar karena adanya kuliner, khususnya kuliner viral, dan juga pemasaran yang dilakukan oleh influencer.

Karena banyak yang lebih banyak ke pasar untuk mencoba kuliner dibandingan dengan belanja ke pasar. Dengan adanya tantangan seperti ini, pasar dapat memberikan opsi mendatangkan influencer untuk ikut serta dalam mempromosikan pasar, misalnya bercerita tentang kesan berbelanja di pasar. Selain itu, juga dapat mempromosikan dengan cara membeli bahan makanan dari pasar lalu memasaknya di rumah. Tentu harus dipilih kios mana yang akan dijadikan konten oleh influencer tersebut.

Bagaimana kesan kamu Gen Y dan GenZ? Apa yang mau kamu beli kalau kamu ke pasar?

Reference: