Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas mengenai konsep dari Cloud ERP dan Edge ERP. Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai keuntungan dari implementasi Cloud ERP dan Edge ERP.

  • Cost Saving dan Model Bisnis Baru
    Jika dilihat dari sudut pandang keuangan, penerapan C-ERP dan E-ERP dimotivasi oleh pengurangan biaya. Penerapan C-ERP maupun E-ERP, memungkinkan adanya penghematan biaya dalam tiga bentuk, yaitu:

    • Pengurangan biaya di muka
      Karena lokasi sumber daya komputasi yang terpisah dengan lokasi perusahaan, perusahaan tidak perlu membayar untuk membuat lingkungan komputasi, sehingga hanya perlu membayar biaya untuk mengakses lingkungan melalui internet.
    • Biaya operasional yang lebih rendahPenyedia layanan cloud / Cloud Service Providers (CSP) bertanggung jawab untuk mengoperasikan dan menyediakan layanan cloud yang akan mengarah pada isolasi proses operasional dari perusahaan serta biaya operasional.
    • Transparansi total biaya kepemilikan

Ketiga hal tersebut semuanya berkontribusi pada citra keuangan yang lebih baik bagi organisasi

  • Flexibility, Agility, dan Scalability
    Salah satu keuntungan utama komputasi Cloud dan Edge adalah peningkatan kelincahan dan fleksibilitas karena bisnis dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan pasar. Sebagian besar manfaat C-ERP dan E-ERP berasal dari kualitas manajemen dan skalabilitas. Skalabilitas memungkinkan organisasi untuk memanfaatkan sumber daya mereka dengan lebih baik dengan pemeliharaan yang disederhanakan. C-ERP memungkinkan organisasi untuk membayar jasa yang mereka butuhkan dan menghilangkan kebutuhan pemeliharaan infrastruktur teknologi informasi.
  • Improve Business Productivity dan Efficiency
    Kemampuan mengotomatisasi layanan, proses, dan prosedur mampu menghasilkan produktivitas yang lebih tinggi dan peningkatan efisiensi secara keseluruhan. Karena kemampuan tersebut, C-ERP dan E-ERP menjadi sangat menarik dalam ranah IIoT (Industrial Internet of Things). Selain itu, kemampuan C-ERP dan E-ERP untuk berintegrasi dengan sistem lain, seperti business intelligence, memungkinkan perencanaan dan pengambilan keputusan yang lebih baik.
  • Access to Emerging Technologies
    Cloud ERP menyediakan cara yang lebih cepat dan lebih murah memanfaatkan teknologi unggulan agar mampu menghilangkan banyak hambatan terkait biaya dan sumber daya dengan menggunakan AI, ML, analisis yang canggih, dan business intelligence lainnya yang sudah terintegrasi ke dalam layanan.

Referensi:

  • Abd Elmonem, M. A., Nasr, E. S., & Geith, M. H. (2016). Benefits and challenges of cloud ERP systems–A systematic literature review. Future Computing and Informatics Journal1(1-2), 1-9. https://doi.org/10.1016/j.fcij.2017.03.003
  • Holliday, M. (2021) Why Move to Cloud ERP? 12 Reasons & Benefits Retrieved from Oracle Netsuite Web site: https://www.netsuite.com/portal/resource/articles/erp/why-move-to-cloud-erp.shtml
  • Prakash, V., Savaglio, C., Garg, L., Bawa, S., & Spezzano, G. (2022). Cloud-and Edge-based ERP systems for Industrial Internet of Things and Smart Factory. Procedia Computer Science200, 537-545. https://doi.org/10.1016/j.procs.2022.01.251

Image Sources: Google Images