Pada part 2, kita sudah membahas mengenai pengertian ERP dan sejarah perkembangannya sampai tahun 1998. Sekarang, kita akan membahas perkembangannya mulai tahun 1999.

Pada tahun 1999 dominasi IBM pada tahun 1980-an telah tergeser karena J.D. Edwards, Oracle, PeopleSoft, Baan dan SAP menguasai sebagian besar pasar software ERP. Berikut ini adalah statistik industri dari tahun 1999:

  • D. Edwards memiliki lebih dari 4700 pengguna dengan situs di lebih dari 100 negara.
  • Oracle memiliki 41.000 pengguna di seluruh dunia, dimana 16.000 dari pengguna tersebut berada di Amerika Serikat.
  • Software PeopleSoft digunakan oleh lebih dari 50% di pasar human resource.
  • SAP adalah perusahaan perangkat lunak antar perusahaan terbesar di dunia dan pemasok perangkat lunak independen terbesar keempat di dunia secara keseluruhan. SAP mempekerjakan lebih dari 20.500 orang di lebih dari 50 negara.
  • Lebih dari 2.800 sistem perusahaan Baan telah diimplementasikan di sekitar 4.800 perusahaan di seluruh dunia.

Pada tahun 2000, Gartner memperkenalkan gagasan ERP II yang merujuk pada sistem yang terkoneksi ke jaringan internet yang dapat menarik data dari sumber lain, termasuk aplikasi front-office, seperti CRM (Customer Relationship Management), e-commerce, dan aplikasi back-end seperti SCM (Supply Chain Management) dan HCM (Human Capital Management). Hal tersebut merupakan sebuah kemajuan yang signifikan karena semakin banyak informasi yang dimasukkan ke dalam sistem ERP, semakin mudah untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah serta memanfaatkan peluang untuk melakukan perbaikan/pengembangan.

Pada tahun 2010-an, kemampuan untuk melakukan pemrosesan data secara real time menjadi fitur besar yang dimiliki oleh sistem ERP bersamaan dengan machine learning dan IoT. Pada tahun 2015-an, perusahaan-perusahaan mulai mengutilisasi sistem ERP dan menggabungkannya dengan Artificial Intelligence (AI). Pada tahun 2020-an, Sistem ERP dioptimalkan dengan beberapa atribut seperti keamanan yang terintegrasi, built-in intelligent, cloud ERP, mobile-friendly, data-driven dan base modular.

Saat ini, sistem ERP terkemuka adalah gudang informasi yang luas yang mampu menghasilkan laporan yang dapat menyoroti kinerja setiap aspek bisnis, mulai dari penjualan dan pemasaran hingga pengembangan produk hingga SDM dan operasi. Ada banyak sekali aplikasi yang tersedia, dirancang untuk berbagai industri, model bisnis, dan tantangan, dan ERP bertindak sebagai pusat komando untuk jaringan perangkat lunak yang luas. Selain itu, solusi ERP cerdas seperti WP ERP saat ini hadir dengan banyak fitur utama. Fitur-fitur ini mencakup pelaporan lanjutan, analisis prediktif, dukungan pelanggan, fasilitas pelatihan, otomatisasi pemasaran & penjualan, dan lainnya.

Sumber:

  • Jacobs, F. R. (2007). Enterprise resource planning (ERP)—A brief history. Journal of operations management, 25(2), 357-363.
  • McCue, I. (2020, August 12). The History of ERP. Retrieved from Oracle NetSuite: https://www.netsuite.com/portal/resource/articles/erp/erp-history.shtml
  • Sikder, T. (2022, October 31). The Dynamic History And Evolution of ERP Systems (2022): https://wperp.com/89774/history-and-evolution-of-erp-systems/
  • Google Image