Setelah seseorang menjalani 2 siklus sebelumnya yaitu Accumulation Phase dan Consolidation Phase, tulisan akan berlanjut pada sisa 2 siklus yang belum dibahas, yaitu:

  1. Spending Phase
    Fase ini dimulai setelah seseorang memasuki pensiun. Pada fase ini, kebutuhan hidup dipenuhi oleh pendapatan yang berasal dari jaminan sosial, pendapatan dari investasi yang telah dilakukan sebelumnya, termasuk dana pensiun. Jenis investasi untuk individu pada tahap ini adalah investasi yang memiliki risiko lebih kecil dibandingkan dengan 2 fase sebelumnya namun tetap membutuhkan alokasi untuk jenis investasi yang berisiko seperti saham untuk bertahan pada saat inflasi.
  2. Gifting Phase
    Fase ini dapat terjadi bersamaan dengan spending phase. Individu pada fase ini yang memiliki kelebihan aset biasanya digunakan untuk memberikan bantuan keuangan t atau membangun perwalian amal sebagai alat perencanaan perumahan untuk meminimalkan pajak properti.

Nah, instrumen investasi apa yang tepat menyesuaikan dengan kondisi? Mari disimak pada artikel selanjutnya.

Sumber:

  • Frank K. Reilly, Keith C. Brown, Sanford J. Leeds. (2019). Investment Analysis and Portfolio Management. 11th . Cengage Learning Asia Pte Ltd. New Tech Park, Singapore. ISBN: 9789814834711

Image Sources: Google Images