Contoh aset tak berwujud dalam kehidupan sehari-hari seperti: (1) networking. Dengan networking dapat dengan mudah berbagi pendapat kepada orang lain. (2) Kebaikan hati. Dengan kebaikan hati dapat membantu otak menyalurkan energi positif ke seluruh tubuh. Saat perasaan kita bahagia dalam menjalani hidup, maka berbagai penyakit tidak dapat menggangu dan kesehatan yang dirasakan oleh manusia untuk dapat melakukan aktivitas, kecerdasan yang dimiliki oleh manusia dapat membantu manusia untuk berpikir dengan baik, keimanan yang dapat menunjang manusia dalam berperilaku baik.

Contoh aset tak berwujud dalam bisnis/perusahaan seperti : (1) Hak cipta, seperti dalam bentuk karangan buku; (2) Seorang musisi yang memiliki hak cipta terhadap suatu lagu yang diciptakan; (3) desain mesin dari suatu pabrik mobil yang bisa menghasilkan keuntungan bagi perusahaan (hak paten), dan merk dagang yang merupakan hak suatu perusahaan dalam memasarkan produk yang diproduksi dan dijual.

References

  • Bismuth, A. (2006). Intellectual Assets and Value Creation, Implications for Corporate Reporting. Paris: Organisation for Co-operation and Development.
  • Corrado, C., Hulten, C., and Sichel, D. (2005). Measuring capital and technology: An expanded framework. In C. Corrado, J. Haltiwanger, and D. Sichel (Eds.), Measuring Capital in the New Economy, Studies in Income and Wealth. Chicago: The University of Chicago Press. Available: http://www.nber.org/books/corr05-1 [accessed Sept. 2009].
  • Corrado, C., Hulten, C., and Sichel, D. (2006a). Intangible Capital and Economic Growth. Working paper as part of the Finance and Economics Discussion Series, Divisions of Research and Statistics and Monetary Affairs, Federal Reserve Board, April, Washington, DC.
  • National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine. 2009. Intangible Assets: Measuring and Enhancing Their Contribution to Corporate Value and Economic Growth. Washington, DC: The National Academies Press. https://doi.org/10.17226/12745.

Image Sources: Google Images