Pada tahun 1994, pemerintah Inggris membentuk Komite Standar dalam Akuntabilitas Publik. Panitia diketuai oleh Lord Nolan, dan bertugas membuat rekomendasi untuk meningkatkan standar perilaku dalam akuntabilitas publik. Laporan pertama panitia menetapkan tujuh prinsip akuntabilitas publik, juga dikenal sebagai “Prinsip Nolan”. Fakta bahwa Prinsip Nolan digunakan secara luas dalam tata kelola perusahaan (corporate governance) menunjukkan bahwa mereka memang relevan dan berguna (Evans et al., 2021). Terapkan untuk janji temu publik apa pun, dan buklet informasi akan meminta Anda sebagai pemohon untuk “berlangganan dan menjunjung tinggi tujuh prinsip kehidupan publik (prinsip Nolan). Meskipun bukan tujuan akhir, mereka memiliki peran kunci dalam mengatur nada untuk budaya, dan membantu mereka yang diberi tugas tata kelola untuk memperjelas perilaku yang diperlukan di seluruh organisasi.

Jadi apa itu prinsip akuntabiitas publik Nolan? Ketujuh prinsip tersebut dalam (Ramabrahmam and Ravikiran, 2013) diuraikan di bawah ini:

  1. Selflessness – Pemegang jabatan publik harus bertindak semata-mata demi kepentingan publik. Mereka tidak boleh melakukannya untuk mendapatkan keuntungan finansial atau lainnya untuk diri mereka sendiri, keluarga mereka atau teman mereka.
  2. Integrity – Pemegang jabatan publik tidak boleh menempatkan diri mereka di bawah kewajiban keuangan atau lainnya kepada individu atau organisasi luar yang mungkin berusaha mempengaruhi mereka dalam pelaksanaan tugas resmi mereka.
  3. Objectivity – Dalam menjalankan bisnis publik, termasuk membuat penunjukan publik, memberikan kontrak, atau merekomendasikan individu untuk penghargaan dan keuntungan, pemegang jabatan publik harus membuat pilihan berdasarkan prestasi.
  4. Accountability – Pemegang jabatan publik bertanggung jawab atas keputusan dan tindakan mereka kepada publik dan harus tunduk pada pengawasan apa pun yang sesuai dengan jabatan mereka.
  5. Openness – Pemegang jabatan publik harus seterbuka mungkin tentang semua keputusan dan tindakan yang mereka ambil. Mereka harus memberikan alasan atas keputusan mereka dan membatasi informasi hanya ketika kepentingan publik yang lebih luas jelas menuntut.
  6. Honesty – Pemegang jabatan publik memiliki kewajiban untuk menyatakan setiap kepentingan pribadi yang berkaitan dengan tugas publik mereka dan mengambil langkah-langkah untuk menyelesaikan setiap konflik yang timbul dengan cara yang melindungi kepentingan publik.
  7. Leadership – Pemegang jabatan publik harus mempromosikan dan mendukung prinsip-prinsip ini dengan kepemimpinan dan teladan.

Prinsip-prinsip Nolan berfokus pada perilaku dan budaya. Oleh karena itu, jika seseorang hidup dengan prinsip ini, akan sangat membantu untuk memperbaiki perilaku. Efek samping yang disambut baik adalah struktur corporate governance yang memiliki proses dan kepatuhan yang lebih ketat, yang mengarah ke situasi win-win solution. Jika akuntabilitas, integritas, dan kepemimpinan benar – benar dipraktekan, akan memastikan organisasi memiliki strategi yang jelas, membelanjakan uang publik dengan bijak, dan memberikan layanan yang baik bagi semua pemangku kepentingan.

Jika memegang jabatan dengan jujur, karyawan akan membuat keputusan untuk kepentingan organisasi, mengesampingkan kepentingan pribadi dan bertindak secara objektif dan mandiri. Organisasi yang terbuka terbukti memiliki lebih banyak keterlibatan pemangku kepentingan dalam proses perencanaan, yang mengarah pada peningkatan layanan publik.

Referensi:

  • Evans, J. et al. (2021) ‘David Oliver: What Price The Nolan Principles for Public Office Holders?’, The BMJ View and Reviews, pp. 372–373. doi: 10.1136/bmj.n935.
  • Ramabrahmam, I. and Ravikiran, R. (2013) ‘Ethical Governance: The Nolan Commission and Policy Issues’, Indian Journal of Public Administration, 59(3), pp. 523–533. doi: 10.1177/0019556120130310.

Image Sources: Google Images