Secara tradisional, keuangan telah menjadi pembelanja tertinggi di semua sektor. Misalnya, data dari U.S. Bureau of Economic Analysis mengukur pengeluaran komputer (OCAM) dalam jasa keuangan antara 32,5%-38,7%, dari 1979 hingga 1992 (bandingkan Brynjolfsson dan Yang, 1996; Griliches, 1995). Angka agregat terbaru tentang investasi teknologi di seluruh dunia menempatkan sektor perbankan dan sekuritas di urutan teratas daftar pembelanja TIK dengan total pengeluaran $486,28 miliar– sekitar 18% dari total investasi teknologi atau 24,8% jika kita memasukkan industri asuransi. Akibatnya, implikasi adopsi dan penggunaan TIK untuk sistem keuangan global menjadi sangat mendasar. TIK tidak hanya mengubah proses transaksi tetapi juga terkait dengan pergeseran batas-batas organisasi (Scott dan Walsham, 1998), memfasilitasi penciptaan produk keuangan baru, mengubah sifat pekerjaan (Barrett dan Walsham 1999), pasar keuangan global (Sassen, 2002; Weber, 1994) dan restrukturisasi karakter intermediasi keuangan (BIS, 2002).

Beberapa studi kasus kualitatif telah digunakan untuk mempelajari pengaruh TIK terhadap kinerja keuangan (misalnya Scott dan Barrett, 2005; Clemons dan Weber, 1990). Misalnya, Autor et al. (2002) meneliti pengenalan pemrosesan gambar otomatis di salah satu dari 20 bank teratas AS, dengan alasan bahwa pengenalan perubahan organisasi pelengkap sangat penting dalam memahami dampak pada kinerja. Dalam Weill dan Olson (1989), penulis menggunakan enam studi kasus untuk menyelidiki dampak tingkat investasi TIK terhadap kinerja perusahaan. Hasil mereka, dari serangkaian wawancara dengan profesional perbankan, menunjukkan kompleksitas organisasi yang terlibat dalam mendefinisikan TIK dan kesulitan yang dihadapi ketika mencari ukuran yang tepat untuk memperkirakan dampak teknologi. Temuan tersebut sangat berguna untuk memahami kekayaan proses dan strategi teknologi dalam konteks tertentu tetapi sulit untuk digeneralisasi karena sifatnya yang spesifik.

Dalam hal studi ekonometrik tentang TIK dalam jasa keuangan, Casolaro dan Gobbi (2007) memperkirakan fungsi keuntungan dan biaya untuk panel 600 bank Italia 1989-2000 dan menemukan bahwa teknik padat modal TIK secara signifikan meningkatkan produktivitas faktor total (TFP). Jun (2008) meneliti temuan dari beberapa penelitian yang menunjukkan hubungan positif antara TIK dan kinerja perbankan, dan juga menyajikan hasil yang menunjukkan bahwa investasi TIK dikaitkan dengan pengembalian aset yang lebih tinggi dalam sampel 22 perusahaan sekuritas Korea Selatan.

Demikian pula, Anderson et al. (2006) menyelidiki implikasi nilai investasi TIK pada panel dari 62 bank Fortune 100 dan menemukan bahwa nilai perusahaan meningkat rata-rata dengan pengeluaran Y2 K untuk teknologi. Juga, Parsons et al. (1993) memperkirakan fungsi biaya menggunakan data dari satu bank besar Kanada antara tahun 1974 dan 1987 menemukan korelasi yang lemah tetapi signifikan antara pertumbuhan produktivitas dan penggunaan komputer. Akhirnya, Alpar dan Kim (1990) mengeksplorasi dampak TIK pada produksi layanan bank menemukan bahwa teknologi adalah penghematan biaya, penghematan tenaga kerja dan penggunaan modal. Meskipun studi ini berguna untuk memahami efek umum TIK, memperlakukan teknologi sebagai kategori agregat tunggal membuat sulit untuk menguraikan aspek TIK yang menyebabkan peningkatan kinerja dan mengidentifikasi efek dinamis dari adopsi teknologi. Akibatnya, banyak penulis telah menunjukkan kelangkaan studi longitudinal yang meneliti inovasi TIK tertentu dalam layanan keuangan.

Dalam sebuah survei, Frame and White (2004) hanya dapat mengidentifikasi delapan studi yang enam di antaranya menggunakan data yang sama tentang difusi ATM (Hannan dan McDowell, 1984, 1987; Sinhaand Chandrashekaran, 1992; Saloner dan Shepherd, 1995; dll.). Meskipun mereka mewakili badan penelitian yang penting, studi ini lebih fokus pada difusi inovasi tertentu dan kurang pada dampaknya terhadap kinerja bisnis. Dengan demikian, Frame dan White (2004) menyimpulkan bahwa kita memiliki banyak “bicara” tentang inovasi keuangan tetapi “sedikit tindakan”. Dengan kata lain, mengingat ukuran dan pentingnya sektor keuangan, jumlah studi yang relevan sangat terbatas dan upaya ilmiah lebih lanjut diperlukan.

Sumber:

  • Scott, S. V., Van Reenen, J., & Zachariadis, M. (2017). The long-term effect of digital innovation on bank performance: An empirical study of SWIFT adoption in financial services. Research Policy46(5), 984-1004.
  • Fuentelsaz, Lucio, Gómez, Jaime, Palomas, Sergio, 2009. The effects of new technologies on productivity: an intrafirm diffusion-based assessment. Res.Policy 38 (7), 1172–1180

Image Sources: Google Images