Kemampuan digitalisasi menggambarkan kemampuan organisasi untuk menerapkan solusi digital berdasarkan teknologi digital (yaitu, menangani proses digitalisasi). Ini melibatkan beberapa aspek organisasi (Wiesböck 2018). Untuk memulainya, organisasi harus mampu membuat dan menjalankan solusi digital. Evolusi dari teknologi digital abstrak ke solusi digital spesifik membutuhkan kemampuan untuk mengelola teknologi digital. Ini termasuk identifikasi dan pemilihan teknologi digital inovatif yang menjanjikan (Fichman et al. 2014; Kohli dan Melville 2018; Nambisan et al. 2017), sebuah visi strategis tentang bagaimana menggunakan teknologi digital sebagai dasar inovasi digital (Carlo et al. 2012; Fichman dkk. 2014; Freitas Junior dkk. 2016; Kohli dan Melville 2018; Lu dan Ramamurthy 2011), serta adopsi dan adaptasi teknologi digital untuk kebutuhan dan situasi tertentu (Kohli dan Melville 2018; Lu dan Ramamurthy 2011; Nwankpa dan Datta 2017; Wiesböck 2018). Selain itu, organisasi harus mampu mewujudkan sistem teknis dan menanamkannya dalam sistem dan struktur yang ada (Bharadwaj 2000; Kohli dan Melville 2018; Wiesböck 2018). Dan terakhir, mereka harus mampu mengoperasikan, memelihara, dan memajukan solusi digital. Baik realisasi dan embedding serta penggunaan, pemeliharaan dan kemajuan solusi digital membutuhkan kemampuan untuk menggunakan alat digital, untuk menggabungkan sumber daya digital dan fisik, dan untuk mengelola fungsi TI secara umum (yaitu, perencanaan TI, desain TI, penganggaran TI, manajemen proyek TI, dll.) (Bharadwaj et al. 1999; Mauerhoefer et al. 2017; Nambisan et al. 2017; Sambamurthy et al. 2003; Wiesböck 2018).

Selain penciptaan dan pengoperasian solusi digital, organisasi memerlukan kemampuan untuk mengadaptasi infrastruktur TI yang ada dan menciptakan infrastruktur digital baru sesuai dengan persyaratan teknologi digital dan solusi digital (Henfridsson dan Bygstad 2013; Hess dan Barthel 2017; Wiesböck 2018) . Inovasi digital membutuhkan infrastruktur TI yang fleksibel, mudah beradaptasi, terukur, dan kompatibel yang memungkinkan integrasi pihak eksternal (misalnya, pelanggan, penyedia layanan, pemasok) dalam proses inovasi (Fichman et al. 2014; Lyytinen et al. 2016; Nambisan et al. . 2017) dan mendukung karakteristik khusus teknologi digital seperti generativity (Bygstad 2017; Fichman et al. 2014; Henfridsson dan Bygstad 2013; Yoo et al. 2010), modularitas (Fichman et al. 2014), atau konvergensi (Lyytinen et al. al.2016; Yoo dkk.2012).

Namun, mereka harus mampu mengelola adaptasi infrastruktur TI mereka yang ada dan pengembangan infrastruktur digital baru untuk mengakomodasi inovasi digital sementara, pada saat yang sama, mengamankan stabilitas dan fungsionalitas sistem dan aplikasi TI mereka yang ada ( Bygstad 2017) – sebuah tantangan yang sering disebut sebagai IT ambidexterity (Gregory et al. 2015; Lee et al. 2015) atau bimodal IT (Gartner 2015; Horlach et al. 2016).

erlebih lagi, inovasi digital – serupa dengan semua proses organisasi yang melibatkan sumber daya TI (Bharadwaj 2000; Lu dan Ramamurthy 2011; Nwankpa dan Datta 2017) – memerlukan pandangan strategis tentang penggunaan dan peran TI dalam organisasi (Matt et al. 2015 ). Di era transformasi digital, organisasi perlu “memikirkan kembali peran strategi TI, dari strategi tingkat fungsional – selaras tetapi pada dasarnya selalu berada di bawah strategi bisnis – hingga perpaduan antara strategi TI dan strategi bisnis” (Bharadwaj et al. 2013, hal.472) untuk mengatasi efek teknologi digital pada fungsi organisasi. Ini berarti bahwa organisasi harus mampu merumuskan strategi TI yang memadai yang memperhitungkan kebutuhan spesifik dari inovasi digital. Selain itu, organisasi harus mampu menyelaraskan strategi TI mereka dengan strategi transformasi digital umum mereka (Bharadwaj et al. 2013; Matt et al. 2015; Yeow et al. 2017).

 

Sumber:

Wiesböck, F., & Hess, T. (2018). Understanding the capabilities for digital innovations from a digital technology perspective (No. 1/2018). Arbeitsbericht.

Legner, C./Eymann, T./Hess, T./Matt, C./Böhmann, T./Drews, P./Mädche, A./Urbach, N./Ahlemann, F. 2017. „Digitalization: Opportunity and Challenge for the Business and Information Systems Engineering Community.” Business & Information Systems Engineering, 59(6), 301-308.