Salam sobat pembaca sekalian

Tentu sobat pembaca belakangan ini sering mendengar tentang istilah Metaverse atau menjelajahi Metaverse. Tetapi apa sih Metaverse dan bagaimana menjelajahi Metaverse? Untuk itu baiknya sobat pembaca dapat menyimak penjelasan berikut ini:

Metaverse adalah awal baru untuk menciptakan sesuatu yang baru, seperti hari-hari awal Internet. Miliaran diinvestasikan untuk membangun metaverse, dan para taipan teknologi menyebutnya masa depan, tapi apa itu metaverse? Istilah metaverse diciptakan pada tahun 1992 oleh penulis fiksi ilmiah Neal Stephenson. Definisi paling dasar mengacu pada “konsep dunia virtual yang sepenuhnya imersif di mana orang berkumpul untuk bersosialisasi, bermain, dan bekerja.” Ini adalah lingkungan digital simulasi yang menggabungkan augmented reality (AR), virtual reality (VR), blockchain, dan prinsip-prinsip media sosial untuk menciptakan area untuk interaksi pengguna yang meniru dunia nyata (Mystakidis 2022).

Jika dilihat dari gagasan awalnya, metaverse adalah dunia virtual berbasis tiga dimensi yang dihuni pengguna sungguhan yang dipersonifikasikan dengan avatar.

Beberapa teknologi yang digunakan untuk menjelajahi metaverse adalah kacamata augmented reality, headset virtual reality, serta aplikasi khusus yang bisa digunakan di smartphone, personal komputer, dan perangkat lainnya.

Secara sederhana, Mark Zuckerberg menggambarkan metaverse adalah seperangkat ruang virtual, tempat di mana pengguna bisa membuat dan menjelajahi dunianya dengan pengguna internet lainnya. Pengguna tidak perlu pergi jauh dan memasuki ruang fisik yang sama dengan pengguna lain.

Cara Kerja Metaverse

Metaverse bekerja pada dasarnya sama seperti di dunia nyata. Pengguna diharuskan untuk terlebih dahulu memasuki dunia virtual menggunakan teknologi berkemampuan AR dan VR.

Saat ini, satu-satunya perangkat yang diperlukan untuk memasuki dunia maya adalah headset VR seperti Oculus. Setelah memasuki dunia maya, pengguna dapat melakukan berbagai aktivitas di dunia maya layaknya di dunia nyata.

Apa saja yang ada di Metaverse?

Metaverse hadir dalam bentuk dunia virtual dengan menyediakan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan oleh pengguna (Sparkes 2021). Berikut adalah beberapa contoh aktivitas yang dapat Anda lakukan di metaverse.

  1. Menonton Konser
    Menonton konser secara virtual adalah salah satu hal yang bisa dilakukan di dunia maya. Konser virtual tersebut menggunakan konsep yang mirip dengan live concert. Dengan bantuan teknologi, pengguna akan dapat merasakan suasana konser virtual yang mengesankan.
  2. Bermain Game
    Bagi para gamer, metaverse bisa menjadi platform pilihan masa depan yang menarik. Anda bisa memainkan game seperti film Ready Player One.
  3. Bekerja Secara Online
    Bekerja online adalah pengalaman yang sama seperti bekerja di kantor. Ini akan dicapai dengan kehadiran metaverse. Pada Agustus 2021, Meta meluncurkan Horizon Workrooms. Horizon Workrooms merupakan ruang kerja dengan menggunakan teknologi VR. Hasilnya, pengguna Horizon Workrooms dapat terhubung dengan pengguna lain dan berkolaborasi serta berkreasi dengan cara baru dan belum pernah terjadi sebelumnya.
  4. Perjalanan Online
    Dengan dunia maya, perjalanan online tentu bukan hal yang mustahil. Hal ini dapat kita lakukan dengan bantuan headset dan kacamata yang sudah mendukung teknologi AR dan VR, serta smartphone atau PC.
  5. Melihat Gallery Lukisan
    Dulu, untuk karya seni misalnya lukisan hanya dapat dilihat di dunia nyata. Kali ini Anda bisa melihat versi digital dari lukisan tersebut. Harganya pun bervariasi.

Demikian sobat pembaca penjelasan mengenai apa itu Metaverse, semoga bisa memberikan pemahaman awal kepada sobat pembaca sekalian, terima kasih.

Referensi:

  • Mystakidis, Stylianos. 2022. “Metaverse.” Encyclopedia 2(1):486–97. doi: 10.3390/encyclopedia2010031.
  • Sparkes, Matthew. 2021. “What Is a Metaverse.” New Scientist 251(3348):18. doi: https://doi.org/10.1016/S0262-4079(21)01450-0.

Image Sources: Google Images