Revolusi Industri pada abad ke-18 dan ke-19 datang dengan banyak transformasi dan inovasi yang memunculkan penggunaan mesin dan secara fundamental mengubah cara hidup manusia. Setiap abad tampaknya membawa kekhasan dan perubahan. Khususnya, abad ke-20 dan ke-21 yang disebut sebagai era digital telah membawa banyak gangguan bagi dunia kita. Sementara auditor dan profesional lainnya masih berusaha memahami teknologi dan inovasi yang muncul seperti blockchain dan cryptocurrency, hype di sekitar Metaverse dan Non-Fungible Token (NFT) tiba-tiba ada di mana-mana. Konsep dunia virtual ada sebelumnya dalam novel fiksi, film, dan pada platform yang memungkinkan orang untuk menciptakan representasi digital dari diri mereka sendiri dan hidup di ruang non-fisik.

Menurut Today Digital “Metaverse dapat didefinisikan sebagai lingkungan digital simulasi yang menggunakan Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan Blockchain, bersama dengan konsep dari media sosial, untuk menciptakan ruang bagi interaksi pengguna yang kaya meniru dunia nyata”. Metaverse memberikan rasa realisme dan kehadiran yang akan memungkinkan orang untuk hidup dan terhubung di dunia virtual dengan mengenakan headset VR/AR. Beberapa kasus penggunaan termasuk game, hiburan, pekerjaan, pendidikan, dan perdagangan. Pemikiran tentang tempat kerja yang ada di dunia virtual tidak lagi di luar jangkauan.

Pandemi COVID-19 mempercepat adopsi dan penerimaan yang lebih luas dari kerja jarak jauh, dan sebagian besar organisasi sudah mempertimbangkan ini sebagai normal baru. Adopsi Metaverse selanjutnya akan membantu bekerja dari jarak jauh. Seorang auditor tidak bisa tidak memikirkan seperti apa bentuknya mengaudit di lingkungan Metaverse. Kemungkinan audit dari jarak jauh dari bagian mana pun di dunia dan melibatkan auditee dengan cara yang lebih gesit akan terjamin – bahkan ketika penekanan bergeser dari teknologi audit ke penggunaan teknologi sebagai alat audit. Meskipun teknologinya belum pada tahap lanjut, banyak perusahaan dan organisasi besar sudah bekerja menuju adopsi Metaverse ke dalam proses. Namun, kesuksesan bisnis bukanlah tentang mengadopsi teknologi baru seperti halnya mengadopsi teknologi yang relevan. Sementara Metaverse tampak seperti hal besar berikutnya, masih belum pasti bahwa itu akan merevolusi dunia kita dan secara fundamental mengubah cara kita melakukan sesuatu. Namun, beberapa potensi manfaat, kasus penggunaan dan risiko Metaverse termasuk yang berikut:

Remote Audit Reviews

Salah satu tantangan audit tradisional adalah ketidakmampuan untuk mencakup seluruh dunia audit karena keterbatasan jarak dan waktu. Metaverse dapat menyediakan lingkungan dan platform yang memungkinkan untuk mencapai audit jarak jauh yang menyeluruh dengan menawarkan keterlibatan/wawancara satu lawan satu dengan para auditee. Ini jauh lebih baik daripada panggilan jarak jauh, yang kurang menarik.

Agile Audit Adoption

Agile auditing mendapatkan penerimaan yang lebih luas karena kemampuannya untuk memecahkan area audit yang sulit dan potensi nilai tambah dibandingkan audit tradisional. Audit tangkas menghargai individu dan interaksi tatap muka melalui proses. Oleh karena itu, audit di dunia virtual Metaverse akan meningkatkan adopsi audit tangkas yang lebih luas.

Challenges/Risks

Kemunduran besar dalam adopsi Metaverse sebagai alat audit adalah membuat pembuat konten yang terampil merancang dan mengelola platform untuk organisasi yang tertarik untuk menggunakannya. Selain itu, headset yang mudah digunakan harus dirancang untuk mengurangi ketidaknyamanan.

Referensi:

  • Image, 2022. Google Image
  • Davis, 2022. Auditing in Virtual Universe. ISACA Publications. USA.
  • Kais, 2022. Internal Auditing in Metaverse World: Between the Prospects of Virtual Reality and the Possibilities of Augmented Reality. The Indonesian Accounting Review Vol. 12 No.2
  • Godjali, H., Wiedemann, M. 2021. Virtual Internal Auditor. EY Publications. USA

Image Sources: Google Images