Penerapan strategi CSR memiliki efek sinyal di pasar karena memungkinkan setiap bank untuk mendapatkan keunggulan diferensiasi dan kepercayaan investor. Pandangan berbasis sumber daya mengasumsikan bahwa reputasi perusahaan adalah aset tidak berwujud yang dihargai oleh pasar, regulator, dan masyarakat (Lourenço et al., 2014). Reputasi adalah sinonim dari modal moral, yang berasal dari filantropi perusahaan dan keterlibatan masyarakat (Godfrey, 2005). Bank yang ingin mengembangkan modal reputasinya akan mengomunikasikan bahwa peran bank dalam masyarakat melampaui keuntungan (Gangi et al., 2019). Scholtens dan Dam (2007) melaporkan bahwa fungsi sinyal membawa beberapa biaya yang dapat ditoleransi terutama oleh bank yang lebih besar. Lembaga keuangan yang bermaksud untuk menunjukkan komitmen CSR mereka berharap bahwa manfaat reputasi akan lebih besar daripada biaya jangka pendek dengan meningkatkan kesadaran merek dengan pelanggan dan mitra bisnis (Wu dan Shen, 2013). “Hipotesis sinergi positif” (Preston dan O’Bannon, 1997) menyiratkan bahwa praktik CSR diharapkan dapat menciptakan dan memperkuat reputasi bank (Forcadell dan Aracil, 2017). Reputasi juga merupakan sumber daya strategis yang sulit untuk ditiru (Dell’Atti dan Trotta, 2016) dan peminjam bahkan akan membayar premi suku bunga pinjaman kepada bank yang menikmati reputasi sebagai pemberi pinjaman “berkualitas tinggi, kerugian rendah” ( Kim et al., 2005). Hal ini membuktikan bahwa inisiatif CSR harus disertai dengan reputasi yang baik agar dapat menghasilkan keunggulan kompetitif dan kinerja keuangan yang lebih tinggi (Zhu, 2014).

Ada aliran teori dan penelitian yang meragukan hubungan positif antara CSR dan kinerja keuangan, tetapi tidak secara khusus terkait dengan bank. Ketika permintaan investor agar profitabilitas jangka pendek lebih kuat, manajemen dapat memilih untuk kurang memperhatikan kategori pemangku kepentingan lainnya (Birindelli et al., 2015). Investor “netral” adalah mereka yang membentuk portofolio tanpa keasyikan dengan kebijakan lingkungan dan sosial. Para investor ini berasumsi bahwa praktik CSR mengalihkan sumber daya perusahaan dan meningkatkan masalah keagenan (Callado-Mu~noz dan Utrero-Gonz_alez, 2011; Chih et al., 2010). Misalnya, filantropi perusahaan yang diprakarsai oleh orang dalam tidak dimotivasi oleh tuntutan pemangku kepentingan tetapi mencerminkan keinginan Chief Executive Officer untuk terlibat dalam filantropi atas uang perusahaan (Benabou dan Tirole, 2010). Jenis filantropi ini biasanya dianggap sebagai sisi gelap CSR dari sudut pandang investor. The “hipotesis oportunisme manajerial” menunjukkan bahwa CSR dapat menjadi bentuk window-dressing untuk dikelola dengan buruk, perusahaan berkinerja rendah (Preston dan O’Bannon, 1997). Kesimpulannya, teori keagenan berpendapat bahwa sumbangan filantropi yang berlebihan adalah bahaya yang tidak dapat dibenarkan dan merupakan penyebab tidak ditemukannya hubungan positif yang kuat antara CSR dan kinerja keuangan (Barnea dan Rubin, 2010; Jensen, 2001).

“Hipotesis dampak sosial” (Preston dan O’Bannon, 1997) berasal dari teori pemangku kepentingan instrumental dan memprediksi kinerja keuangan yang lebih tinggi sebagai hasil dari CSR yang lebih tinggi. Memuaskan kebutuhan dan tuntutan pemangku kepentingan yang berbeda akan mengarah pada efisiensi yang lebih tinggi, diferensiasi produk, dan keunggulan kompetitif. Analisis data dari bank global di 18 negara menunjukkan bahwa bank-bank yang rawan CSR mengungguli bank-bank non-CSR dalam hal profitabilitas dan efisiensi (Shen et al., 2016). Selain itu, peningkatan tingkat CSR sangat terkait dengan peningkatan kinerja keuangan (Wu dan Shen, 2013), karena bank memiliki tingkat kecenderungan yang berbeda untuk terlibat dalam kegiatan CSR (Wu et al., 2017). Namun, hubungan ini tidak berlaku untuk semua negara dan lingkungan hukum. Misalnya, tingkat CSR bank di 34 negara secara positif terkait dengan penerapan Prinsip Ekuator tetapi tidak secara signifikan terkait dengan kinerja keuangan kontemporer (Chih et al., 2010). Diharapkan bank yang lebih kecil dan kurang menguntungkan akan cenderung kurang terlibat dalam kegiatan CSR, tetapi hubungan kinerja keuangan CSR masih belum jelas untuk bank besar.

Sumber:

  • Bătae, O. M., Dragomir, V. D., & Feleagă, L. (2021). The relationship between environmental, social, and financial performance in the banking sector: A European study. Journal of Cleaner Production290, 125791.
  • Aras, G., Tezcan, N., Kutlu Furtuna, O., 2018. The value relevance of banking sector multidimensional corporate sustainability performance. Corp. Soc. Responsib. Environ. Manag. 25, 1062e1073. https://doi.org/10.1002/csr.1520.
  • Carnevale, C., Mazzuca, M., 2014. Sustainability report and bank valuation: evidence from European stock markets. Bus. Ethics 23, 69e90. https://doi.org/10.1111/beer.12038.
  • Perez, A., del Bosque, I.R., 2015. How customer support for corporate social responsibility influences the image of companies: evidence from the banking industry. Corp. Soc. Responsib. Environ. Manag. 22, 155e168. https://doi.org/10.1002/csr.1331.
  • Shen, C.H., Wu, M.W., Chen, T.H., Fang, H., 2016. To engage or not to engage in corporate social responsibility: empirical evidence from global banking sector. Econ. Modell. 55, 207e225. https://doi.org/10.1016/j.econmod.2016.02.007.
  • Global Reporting Initiative, 2016. GRI Sustainability Reporting Standards. Amsterdam, The Netherlands.
  • Birindelli, G., Ferretti, P., Intonti, M., Iannuzzi, A.P., 2015. On the drivers of corporate social responsibility in banks: evidence from an ethical rating model. J. Manag. Govern. 19, 303e340. https://doi.org/10.1007/s10997-013-9262-9.
  • Avrampou, A., Skouloudis, A., Iliopoulos, G., Khan, N., 2019. Advancing the sustainable development goals: evidence from leading European banks. Sustain. Dev. 27, 743e757. https://doi.org/10.1002/sd.1938.
  • Esteban-Sanchez, P., de la Cuesta-Gonz_alez, M., Paredes-Gazquez, J.D., 2017. Corporate social performance and its relation with corporate financial performance: international evidence in the banking industry. J. Clean. Prod. 162, 1102e1110. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2017.06.127.
  • Gangi, F., Meles, A., D’Angelo, E., Daniele, L.M., 2019. Sustainable development and corporate governance in the financial system: are environmentally friendly banks less risky? Corp. Soc. Responsib. Environ. Manag. 26, 529e547. https:// doi.org/10.1002/csr.1699.

Image Sources: Google Images