Aspek Lingkungan dari Industri Perbankan..Part 1
Komitmen lingkungan bank dapat dianalisis dari tiga perspektif (Gangi et al., 2019; Jacobs et al., 2010; Laguir et al., 2018): efisiensi penggunaan sumber daya di dalam bank itu sendiri; manfaat dari pembiayaan proyek yang sadar lingkungan; dan mengurangi risiko pinjaman dana ke industri kotor. Dengan demikian, bank terlibat langsung dalam tindakan perlindungan lingkungan baik di dalam organisasi maupun dalam kaitannya dengan klien dan mitra bisnis mereka. Tindakan ini dapat diringkas dengan istilah “produksi yang lebih bersih”, meskipun bank bukanlah produsen industri. Inisiatif lingkungan tertentu dapat dipisahkan menjadi: (a) strategi bisnis lingkungan, seperti pinjaman preferensial untuk bisnis ramah lingkungan yang inovatif; (b) penyaringan proyek-proyek yang merusak lingkungan dalam proses penilaian kredit; (c) filantropi lingkungan, melalui pemberian untuk tujuan lingkungan; (d) pengurangan emisi sukarela, mis. lebih sedikit perjalanan bisnis; (e) layanan ramah lingkungan, melalui penggunaan aplikasi e-banking; (f) energi terbarukan untuk gedung perkantoran; dan (g) daur ulang limbah kantor. Transparansi perusahaan mengenai inisiatif dan kinerja lingkungan memungkinkan pemangku kepentingan untuk menilai nilai dan hasil bank dalam hal ini (Scholtens, 2009). Publikasi laporan keberlanjutan perusahaan merupakan instrumen penting untuk memastikan transparansi dan legitimasi perusahaan (Wilmshurst dan Frost, 2000).
Kinerja lingkungan mengacu pada dampak bisnis dalam hal moneter dan non-moneter (Dragomir, 2018), diukur melalui berbagai indikator, seperti emisi karbon tidak langsung, limbah daur ulang, konsumsi air, dan pengeluaran lingkungan yang terkait langsung dengan operasi bank. Di sisi transparansi, pengungkapan lingkungan mengacu pada pelepasan
informasi mengenai dampak lingkungan perusahaan, pengumuman investasi, penghargaan, dan produk khusus. Pandangan berbasis sumber daya alam berpendapat bahwa perbaikan lingkungan dapat menyebabkan peningkatan profitabilitas ketika bank terlibat dalam kegiatan pencegahan polusi baik untuk dirinya sendiri atau dalam kemitraan dengan klien. Hart (1995) memprediksi bahwa manajemen lingkungan proaktif dapat mengarah pada pengembangan kemampuan organisasi yang unik yang merupakan sumber keunggulan kompetitif. Kemampuan ini mengacu pada perencanaan strategis, inovasi produk, manajemen pemangku kepentingan, pengembangan proyek, pelatihan karyawan, dan penghargaan untuk pengurangan dampak lingkungan (Bansal dan Gao, 2006; Perrini et al., 2011; Sharma dan Vredenburg, 1998).
Kemampuan lingkungan dapat meningkatkan efisiensi operasional dan dapat berupa pengendalian dan pencegahan pencemaran (Fiordelisi et al., 2013). Pengendalian polusi mengacu pada kegiatan yang bertujuan untuk menjaga polusi dalam batas yang dapat diterima, melalui pembuangan, pengolahan, dan pembuangan limbah (Dragomir, 2020). Di sisi lain, pencegahan polusi memerlukan pengurangan polutan melalui penggunaan material kantor, energi, dan air yang lebih efisien. Pandangan berbasis sumber daya manajemen lingkungan memprediksi bahwa pencegahan polusi dan penatagunaan produk dapat menjadi sumber keunggulan kompetitif, melalui diferensiasi atau penghematan biaya (Hart, 1995). Di pasar, keunggulan diferensiasi dapat muncul dari mempromosikan produk dan layanan yang lebih menekankan pada perlindungan lingkungan terkait dengan aktivitas peminjam bank. Keunggulan biaya adalah hasil dari menemukan cara baru untuk mengoptimalkan proses operasional dan mengurangi biaya kewajiban dari paparan kesehatan dan keselamatan (Albertini, 2013).
Sumber:
- Laguir, I., Marais, M., El Baz, J., Stekelorum, R., 2018. Reversing the business rationale for environmental commitment in banking: does financial performance lead to higher environmental performance? Manag. Decis. 56, 358e375. https://doi.org/10.1108/MD-12-2016-0890.
- Dragomir, V.D., 2018. How do we measure corporate environmental performance? A critical review. J. Clean. Prod. 196, 1124e1157. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2018.06.014.
Image Sources: Google Images