Keano Fauzan Brahmantyo dan Billy Paguna adalah mahasiswa program studi Akuntansi Universitas Bina Nusantara Binusian 2022, spesialisasi perpajakan yang sedang menempuh pendidikan S1 di Universitas Bina Nusantara sejak 2018. Tahun 2022, mereka melaksanakan penelitian skripsi yang dipublikasikan di seminar Internasional The 4th International Conference on Biospheric Harmony Advanced Research (ICOBAR 2022) yang diselenggarakan secara online, via zoom pada tanggal 22 & 23 Juni 2022 di Bina Nusantara University Zoom Meeting.

Pada conference ini, Keano Fauzan Brahmantyo dan Billy Paguna mempresentasikan paper hasil penelitian berjudul “Measuring the Success of Corporate Annual Tax Online Reporting : Applying the Delone & McLean Information System Success Model” yang dibimbing oleh Ibu Levana Dhia Prawati, SE., M. Si, Ak. Paper ini menganalisis kesuksesan penerapan sistem e-SPT di Indonesia dengan menggunakan Model Sukses Sistem Informasi DeLone & McLean. Sampel penelitian adalah 115 wajib pajak di Jakarta & Tangerang yang pernah menggunakan e-SPT. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menguji hipotesis berdasarkan model penelitian. Variabel yang digunakan adalah information quality, system quality, service quality, system use, user satisfaction, dan net system benefits.

Penelitian ini meneliti bagaimana hubungan information quality, system quality, service quality terhadap system use dan user satisfaction serta hubungan system use dan user satisfaction terhadap net benefits. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh tidak signifikan information quality terhadap system use dan pengaruh positif dan signifikan system quality dan service quality terhadap use. Information quality dan system quality mempengaruhi user satisfaction secara positif dan signifikan. Sedangkan service quality menunjukkan pengaruh tidak signifikan terhadap user satisfaction. system use dan user satisfaction mempengaruhi net benefits secara positif dan signifikan. Hasil keseluruhan menunjukkan bahwa E-SPT memang membantu wajib pajak untuk melaporkan pajak tahunan badan mereka, dengan membuat prosesnya lebih sederhana dan lebih praktis.

Berharap penelitian ini memberikan kontribusi dan mendorong rekan – rekan mahasiswa lain untuk melakukan penelitian di bidang perpajakan.