Accounting

Publikasi Penelitian Skripsi Artikel Ilmiah Adhitiya Pranoto, David dan Levana Dhia Prawati di ICOBAR 2022

Adhitiya Pranoto dan David adalah mahasiswa dari program studi pendidikan S1 jurusan Akuntansi dengan spesialisasi Perpajakan di Universitas Bina Nusantara. Penelitian skripsi Artikel Ilmiahnya dipublikasikan oleh Universitas Bina Nusantara dibawah konferensi International conference on biospheric harmony and advanced research (ICOBAR 2022) yang ke-4. Memasuki era pasca pandemi, ICOBAR ke-4 akan diadakan pada 22-23 Juni 2022 melalui platform virtual. Dalam ICOBAR 2022, topiknya adalah “Towards Sustainable Society: The Role of Technology and Human Development in Post-Pandemic Era”.

Skripsi Artikel Ilmiah tersebut  berjudul “An Empirical Research on The Success of E-filing Tax Online Reporting During COVID 19 Pandemic in Indonesia” ditulis oleh Adhitiya Pranoto dan David yang dipresentasikan pada hari ke-dua konferensi tanggal 23 Juni 2022. Skripsi tersebut dipandu dan dibimbing oleh Ibu Levana Dhia Prawati, SE., M. Si, Ak (D5561).

Paper ini menganalisis kesuksesan penerapan pelaporan pajak pada e-Filing selama pandemi di Indonesia dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model atau lebih dikenal dengan TAM. Pada paper ini penelitiannya menggunakan Wajib Pajak yang memiliki NPWP dan telah menggunakan e-filing sebagai sampel penelitian. Diimana Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif yang menguji hipotesis berdasarkan model TAM yang diperbarui dengan variabel yang digunakan meliputi extended variables (system quality & service quality), perceived ease of use, perceived usefulness, attitude toward using system, behavioral intention to use, dan actual system use. Penelitian ini meneliti bagaimana hubungan antar variabel tersebut saling berkaitan satu sama lain. Dimana peneliti menemukan bahwa hubungan antara Behavioral intention to use dengan Actual system use adalah yang terkuat karena fakta bahwa penggunaan e-filing itu wajib sebagai bentuk pelaporan pajak dan hubungan antara System quality dengan Perceived usefulness adalah yang terlemah.

Setelah presentasi konferensi, panitia akan menyiapkan prosiding full paper yang akan dikirim lebih lanjut untuk review akhir oleh IEOM Society. Semoga dengan adanya publikasi ini dapat membawa kontribusi dan dampak positif untuk dapat terus bertukar ide dan kontribusi yang inovatif dalam penelitian seputar topik perpajakan di internasional conference Scopus.

Levana Dhia Prawita, S.E., M.Si., Ak.