Closing Procedures—Auditor and AI Computer Comparison

Setelah pengujian kontrol dan detail dan prosedur analitis, sekarang saatnya untuk membentuk opini tentang laporan keuangan klien dan mengeluarkan pendapat audit. Prosedur penutupan ini termasuk menggabungkan temuan dan masalah audit, mengevaluasi dampak potensial secara manual, dan membentuk opini kategoris (bersih, berkualitas / dimodifikasi, merugikan atau disclaimer). Dengan bantuan AI, skor dapat dihitung berdasarkan risiko klien terhadap salah saji material, jumlah kesalahan yang ditemukan dan efeknya, dan secara otomatis mengevaluasi risiko audit. 15 Ini dapat mengambil pendapat dari kategori ke rentang bergradasi numerik terus menerus, oleh karena itu menghapus beberapa ambiguitas yang dapat dipimpin oleh pendapat kategoris. Pendapat audit secara keseluruhan masih didasarkan pada penilaian profesional, tetapi dengan bantuan AI, pendapat tersebut jauh lebih baik didukung oleh fakta dan angka.

Setelah pendapat terbentuk, laporan audit disusun. Secara tradisional, langkah ini diselesaikan menggunakan format standar audit. NLP dapat secara otomatis membuat draft laporan audit dari pendapat akhir yang diketahui, prosedur audit, risiko salah saji material dan hasil.

Perusahaan audit perlu mempertimbangkan dengan cermat alat AI untuk digunakan dalam prosesnya. Beberapa alat AI memerlukan instalasi di lingkungan klien; alat AI lainnya berada di cloud dan memproses serta menyimpan data sensitif seperti yang dijelaskan sebelumnya. Pertimbangan ini dapat diatasi melalui proses manajemen vendor, yang memastikan bahwa perangkat lunak AI memenuhi standar tertentu yang diterima, seperti Service Organization Control (SOC) 2, yang mencakup prinsip-prinsip layanan kepercayaan yang terkait dengan keamanan, kerahasiaan, dan privasi. Pengesahan dan sertifikasi tambahan tersedia, seperti sertifikasi ISO 27001 Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO). Seperti untuk alat lain yang dipilih auditor untuk digunakan, perawatan harus dilakukan untuk memastikan bahwa AI tidak memperkenalkan risiko apa pun pada sistem, keamanan, kerahasiaan, atau privasi klien.

Banyak perusahaan audit, dari Empat Besar hingga regional dan lokal, menerapkan AI dalam audit mereka. Perusahaan-perusahaan ini telah mengembangkan perangkat lunak AI mereka sendiri atau bermitra dengan perusahaan yang berspesialisasi dalam AI, seperti IBM Watson. Umumnya, perusahaan audit mulai menggunakan alat AI untuk mengelola konfirmasi dan permintaan, menganalisis kontrak, menyederhanakan proses inventaris, dan analisis entri jurnal.  Meskipun perusahaan audit yang lebih besar memiliki modal untuk mendukung pengembangan AI yang mungkin tidak dimiliki perusahaan kecil, vendor, seperti Mindbridge AI, telah mengembangkan solusi perangkat lunak off-the-shelf yang terjangkau yang mungkin lebih layak untuk perusahaan audit yang ingin mulai menggunakan AI, tetapi tidak memiliki sarana atau keinginan untuk mengembangkan atau sepenuhnya menyesuaikannya.

Dampak AI juga dapat bervariasi tergantung pada jenis industri atau perusahaan. AI bukanlah jenis alat satu ukuran untuk semua, melainkan, teknologi beragam yang dapat disesuaikan dengan lingkungan yang unik. Industri yang sangat otomatis dan menggunakan AI seperti manufaktur dan perawatan kesehatan jauh lebih mampu menggunakan kekuatan penuh audit cerdas. Industri yang tidak memiliki otomatisasi tidak dapat mengalami manfaat yang sama dari audit cerdas karena kesulitan dalam mentransfer proses manual mereka ke dalam data yang dapat dikerjakan.

Will AI Replace the Auditor?

Setelah membaca dan menganalisis bagaimana teknologi AI dapat digunakan selama proses audit, beberapa auditor mungkin khawatir bahwa mereka akan digantikan oleh teknologi ini. Alat AI yang diprogram dengan benar dapat memproses data dalam jumlah besar dengan kecepatan kilat dan dengan cepat mengidentifikasi anomali — semuanya dengan tingkat akurasi yang tinggi. Namun, AI belum mampu menggantikan “penilaian, skeptisisme atau pengalaman yang dibawa manusia ke pekerjaan mereka.” Pernyataan ini menunjukkan bahwa, dengan semua kekuatan yang dimiliki AI, masih belum cukup untuk sepenuhnya menggantikan manusia yang berpikir dan cerita yang dapat mereka ceritakan tentang data.

Dengan AI yang membantu dalam analitik dan pengujian, auditor memiliki lebih banyak waktu yang tersedia untuk menyelidiki alasan di balik pola dan anomali yang ditemukan oleh AI. AI dapat melakukan banyak tugas yang membosankan dan membebaskan auditor untuk bertindak sebagai lebih dari penasihat dan melakukan lebih banyak tinjauan dan penilaian, sehingga meningkatkan kualitas dan kepercayaan keseluruhan dalam audit sekaligus mengurangi risiko. Untuk mempersiapkan implementasi AI yang mendalam, auditor harus tetap relevan dan kompetitif. Seorang auditor “… harus paham teknologi, pemikir strategis, dan komunikator yang kuat.”  Bahkan dengan AI, akan ada kebutuhan berkelanjutan untuk pengetahuan dan keahlian yang mendalam di bidang audit tradisional, tetapi auditor juga perlu beradaptasi dengan lingkungan mereka yang berubah. Bagi siswa yang berharap untuk memasuki bidang ini, disarankan agar mereka menambahkan fokus dalam teknologi dan analitik di atas fondasi akuntansi mereka untuk menjadi kandidat yang ideal. Bagi para profesional yang ada, melanjutkan pendidikan untuk mendapatkan kenyamanan dan pemahaman tentang teknologi yang muncul, sambil memperluas pemikiran kritis dan keterampilan analitik akan membantu mereka tetap kompetitif. Bidang audit berubah dengan cepat karena kemajuan dalam AI. Oleh karena itu, tenaga kerja perlu beradaptasi dengan tuntutan yang sesuai.

Referensi:

  • Bizarro, Pascal A. 2019. Artificial intelligence (AI): The Intelligent Audit. ISACA Journal.
  • Gao, Y. 2021. Implications of Artificial Intelligence on the Objectives of Auditing Financial Statements and Ways to Achieve Them. Microprocessors and Microsystems
  • Image, 2022. Google Image.
  • Zhang, W. 2022. TIIA: A blockchain-enabled Threat Intelligence Integrity Audit scheme for IIoT. Future Generation Computer Systems.