Selama dekade terakhir, korupsi telah menjadi salah satu risiko utama bagi perusahaan global karena pengenalan undang-undang baru dan penegakan hukum yang ketat. Apa yang dapat dilakukan perusahaan global untuk mengurangi risiko pelanggaran peraturan antikorupsi oleh karyawan, agen, atau pemasok mereka, yang dapat menyebabkan penyelidikan yang tidak nyaman oleh penegak hukum atau regulator? Apakah pengungkapan diri, tindakan disipliner segera, dan kerja sama dengan penyelidik pemerintah, jaksa, atau regulator mengurangi dampak negatif dari pelanggaran tersebut?

Program kepatuhan yang komprehensif dan efektif yang didasarkan pada etika adalah pertahanan terbaik terhadap korupsi dan kecelakaan hukum atau peraturan, tetapi tidak selalu jelas apa yang merupakan prosedur kepatuhan yang memadai atau bagaimana bergerak melampaui kebijakan dan prosedur dasar untuk dapat membanggakan program kepatuhan yang kuat secara sah.

Korupsi memiliki dampak sosial yang menghancurkan yang biasanya lebih buruk di negara-negara miskin, banyak di antaranya berada di bagian bawah Indeks Persepsi Korupsi Transparency International. Namun sayangnya, penyuapan sering diabaikan sebagai “hanya cara Anda harus melakukan bisnis di beberapa negara” dan tetap ada karena sering terbayar. Menurut The Economist, setiap dolar penyuapan diterjemahkan menjadi pengembalian $ 6 hingga $ 9 jika para pelaku tidak tertangkap. Perkembangan, pengesahan, dan penegakan peraturan nasional yang keras seperti Undang-Undang Praktik Korupsi Asing tahun 1977 (FCPA) di Amerika Serikat dan undang-undang antikorupsi internasional mengubah lingkungan bisnis global secara signifikan dan meningkatkan kemungkinan bahwa aktor jahat yang bersalah melakukan pelanggaran akan membayar harga penuh atas kesalahan mereka. Denda curam dan hukuman lainnya di samping, risiko reputasi untuk organisasi sangat serius.

Tidak ada industri yang kebal terhadap penyuapan atau korupsi lagi. Sementara mereka dulunya merupakan risiko signifikan terutama untuk industri minyak dan gas, pertambangan, senjata, dan kedirgantaraan dan pertahanan internasional  , kasus korupsi baru-baru ini menempatkan vertikal seperti jasa keuangan, farmasi, otomotif, teknologi, dan bahkan olahraga internasional dalam sorotan global akhir-akhir ini.

Ada sejumlah besar tindakan penegakan antibribery dan antikorupsi akhir-akhir ini, dengan kasus Siemens AG pada tahun 2008 menetapkan rekor dengan lebih dari $ 1,6 miliar dibayar dalam denda dan Airbus baru-baru ini dipaksa untuk membayar € 3,6 miliar (sekitar $ 4 miliar) denda kepada pihak berwenang Prancis, Inggris, dan AS (lihat “Tindakan Penegakan” di akhir artikel). Dengan jangkauan ekstrateritorial undang-undang antikorupsi nasional dan penegakan global yang terkoordinasi, korupsi asing dengan cepat menjadi salah satu risiko utama melakukan bisnis bagi perusahaan global.

HUKUM NASIONAL INTERNASIONAL DAN EKSTRATERITORIAL

Konvensi Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan tentang Memerangi Penyuapan Pejabat Publik Asing dalam Transaksi Bisnis Internasional (Konvensi Anti-Penyuapan OECD), yang diratifikasi pada tahun 1997, adalah konvensi antikorupsi pertama, di mana negara-negara yang menandatangani diharuskan untuk menerapkan undang-undang yang mengkriminalisasi penyuapan pejabat asing. OECD tidak memiliki wewenang untuk menegakkan konvensi tetapi memantau kepatuhan dan efisiensi melalui kelompok kerjanya. Hingga saat ini, 44 negara telah meratifikasi konvensi tersebut.

Konvensi PBB melawan Korupsi (UNCAC), yang diratifikasi pada tahun 2003, adalah satu-satunya perjanjian antikorupsi internasional yang mengikat secara hukum. Secara keseluruhan, 140 negara telah menandatangani konvensi, di mana pemerintah dan perusahaan di seluruh dunia berkomitmen untuk memerangi penyuapan dan korupsi, dan PBB mengeluarkan resolusi yang meminta negara-negara anggota untuk berbuat lebih banyak untuk memerangi korupsi dan penyuapan. Efek praktis dari UNCAC dan resolusinya tetap kecil, namun, karena pemberlakuannya tidak diikuti oleh pemantauan dan penegakan hukum yang sistematis.

Banyak negara kembali ke undang-undang nasional dengan jangkauan ekstrateritorial. FCPA AS adalah undang-undang nasional pertama yang melarang warga negara dan entitas perusahaannya menyuap pejabat pemerintah asing dan membayar orang-orang yang terpapar secara politik. Mulai tahun 2008, Departemen Kehakiman AS (DOJ) dan Komisi Sekuritas &Bursa AS (SEC) meningkatkan penegakan FCPA. Siemens bukan perusahaan internasional pertama yang berkantor pusat di luar AS yang dituduh melakukan korupsi asing, tetapi menjadi kasus yang signifikan dalam hal jumlah denda yang harus dibayar dan konsekuensi lebih lanjut. Perlu dicatat bahwa, sejak kasus Siemens, DOJ memperluas jangkauan ekstrateritorialnya dan mulai menagih perusahaan dengan operasi bisnis terbatas atau tidak ada di AS dengan denda yang signifikan.

Inggris mengikuti Undang-Undang Penyuapan Inggris (UKBA) pada tahun 2010, yang mirip dengan FCPA karena melarang korupsi asing komersial dan publik tetapi tidak termasuk persyaratan untuk mengakui bahwa pejabat publik bertindak tidak benar sebagai akibat dari suap. Selain itu, Bagian 7 dari UKBA mencatat “pelanggaran luas dan inovator” dari kegagalan organisasi komersial untuk mencegah penyuapan atas nama mereka. UKBA diterapkan di pengadilan untuk pertama kalinya pada tahun 2016 dengan penuntutan Sweett Group PLC dan, kemudian, dengan perjanjian penuntutan yang ditangguhkan (DPA) dengan Rolls-Royce PLC.

Jerman meratifikasi Konvensi Anti-Penyuapan OECD pada tahun 1998 dan menerapkan undang-undang nasional, Undang-Undang tentang Memerangi Penyuapan Pejabat Publik Asing dalam Transaksi Bisnis Internasional, yang mulai berlaku pada tahun 1999. Undang-undang Jerman melarang pembayaran suap dan menyatakan mereka tidak dapat diproduksi untuk tujuan pajak, yang diizinkan sebelumnya.

Prancis bergabung dengan klub dengan undang-undang baru tentang transparansi, perang melawan korupsi, dan modernisasi kehidupan ekonomi (dikenal sebagai Sapin II) pada tahun 2016, yang mengharuskan pembentukan lembaga antikorupsi baru, perlindungan pelapor, dan kewajiban bagi perusahaan untuk mencegah korupsi. Ini juga memperkenalkan yurisdiksi ekstrateritorial untuk pelanggaran yang dilakukan di luar negeri, mirip dengan undang-undang AS dan Inggris. Undang-undang tersebut diuji pada penyelesaian Airbus yang dicapai pada Januari 2020 bersama dengan otoritas AS dan Inggris.

Selama beberapa tahun terakhir, lebih banyak negara melakukan tindakan penegakan hukum terhadap perusahaan karena penyuapan dan korupsi asing. Daftar ini mencakup Australia, Belgia, Italia, Belanda, Norwegia, dan Polandia. Di Brasil, para penyelidik membantu pihak berwenang AS untuk membawa Petrobras (Petróleo Brasileiro S.A., sebuah perusahaan multinasional milik negara Brasil di industri perminyakan) ke pengadilan pada tahun 2018.

Meskipun negara-negara lain mengejar ketinggalan, AS tetap menjadi penegak undang-undang antikorupsi terbesar. Jumlah kasus dan jumlah total penyelesaian telah meningkat dalam dekade terakhir, dan denda perusahaan mencapai rekor $ 2,8 miliar pada tahun 2020. Sampai hari ini, ada 223 kasus FCPA yang diselesaikan dan lima kasus di bawah UKBA (lihat Gambar 1).

Perusahaan dengan operasi di pasar berisiko tinggi menemukan diri mereka dalam risiko yang berbeda dan lingkungan kepatuhan yang sulit. Jangkauan ekstrateritorial regulator dan kerja sama yang lebih baik antara pihak berwenang berarti bahwa perusahaan multinasional harus berurusan dengan berbagai undang-undang dan peraturan di seluruh dunia. Selain itu, ada beberapa faktor risiko atau transaksi yang bisa berada di luar kendali dan visibilitas petugas perusahaan, seperti pelanggaran yang dilakukan oleh “perwakilan” (FCPA) atau “orang terkait” (UKBA), yang tidak hanya mencakup karyawan, tetapi juga anak perusahaan, perusahaan patungan, agen, konsultan, dan penyedia layanan.

Undang-Undang Reformasi dan Perlindungan Konsumen Dodd-Frank Wall Street AS tahun 2010 juga memperkenalkan perlindungan whistleblower terhadap ketentuan pembalasan dan penghargaan; yang terakhir dapat memberi hak kepada pelapor untuk mendapatkan 10% hingga 30% dari jumlah penyelesaian. Selanjutnya, pemerintah tidak selalu jelas tentang apa yang terdiri dari kontrol dan prosedur kepatuhan yang memadai dan apa yang harus dilakukan perusahaan untuk mencegah setiap terjadinya pembayaran penyuapan oleh karyawan, agen, dan pemasok mereka.

Referensi:

  • Google Image. (2022, Maret 6). www.google.com.
  • Kornilovich, E. (2022, Maret 1). How Ethics And Compliance Fight Corruption.
  • KPMG. (2014, September 16). Webcast on anti-corruption ethics and compliance tools from UNODC, OECD, World Bank.
  • Ndedi, A. (2015). Developing and implementing an Anti – Corruption ethics and compliance programme in the african environment. Risk Governance and Control Financial Markets & Institutions, 307-317.
  • OECD – UNODC – World Bank. (2013). Anti-Corruption Ethics And Compliance Handbook For Business. Secretariats of the OECD, UNODC, and World Bank.
  • UNODC. (2013). An Anti-Corruption Ethics and Compliance Programme: UNODC’s Practical Guide for Business. Vienna: Publishing production: English, Publishing and Library Section, United Nations Office at Vienna.