Praktisi akuntan telah menggunakan teknologi untuk meningkatkan kapasitas dan membuat keputusan yang efektif dan strategis. Teknologi yang didorong oleh Artificial Intelligence (AI) telah membuat banyak peningkatan penting di semua bidang akuntansi seperti otomatisasi berbagai tugas dan solusi.

AI telah diperkenalkan ke dalam profesi akuntansi untuk kinerja kegiatan akuntansi yang lebih efisien, nyaman dan memadai dan memperoleh informasi dengan bantuan layanan elektronik melalui layanan administrasi terkomputerisasi dan Internet. Ini akan memungkinkan semua pihak (instansi pemerintah, bisnis, pemangku kepentingan, pemasok, penerima pendapatan, dan masyarakat) untuk beroperasi, melakukan transaksi, dan berbagi informasi.

Aktivitas AI akan sangat penting untuk praktik akuntansi. Manajer akuntansi akan dibebaskan dari pekerjaan yang intensif dan monoton dalam praktik akuntansi. Sistem akan membantu memecahkan masalah yang terlewatkan atau tidak teridentifikasi oleh manusia. Otomatisasi, digitalisasi, pemrosesan, dan penyortiran semua jenis data dengan bantuan artificial intelligence akan mengurangi biaya untuk melakukan tugas-tugas ini secara manual dan memastikan produktivitas tinggi. Ini menciptakan peluang untuk secara efektif menggunakan sumber daya dan informasi yang tersedia.

Setiap bidang teknologi dalam aliansi dengan artificial intelligence akan memiliki dampak signifikan pada bisnis saat dunia berkembang menuju pembangunan di semua sudut, seperti komputasi kuantum atau blockchain. Pengembangan dan perluasan teknologi yang berkelanjutan ini bukan tentang mengambil keterlibatan manusia, tetapi tentang menggabungkan pengalaman manusia dan model pembelajaran mesin yang dapat melengkapi pemikiran manusia untuk menghasilkan hasil yang luar biasa. Tujuan menciptakan teknologi baru adalah untuk menciptakan proses operasi dengan akurasi tinggi, kinerja yang efisien dengan penghapusan segala bentuk kesalahan. Kecerdasan buatan akan menciptakan masa depan yang glamor bagi profesi akuntansi.

Artificial Intelligence merupakan peluang bagi tumbuh dan berkembangnya dunia bisnis saat ini. Untuk itu, praktisi akuntan dan mahasiswa harus mendapatkan pendidikan dan pelatihan yang tepat dan memadai dalam perkembangan teknologi akuntansi untuk mendapatkan pengalaman, keterampilan yang andal dalam menerapkan pengetahuan akuntansi dan teknologi secara kombinasi, dan menjadi nilai yang signifikan bagi diri mereka sendiri dan dalam dunia bisnis.

Referensi:

  • Emetaram & Uchime. (2021). Impact of Artificial Intelligence (AI) on Accountancy Profession. Journal of Accounting and Financial Management. 7(2). 15-25.
  • Kovalenko et al. (2021). Artificial Intelligence in the Accounting Profession. Laplage em Revista. 7. 378-383. DOI:10.24115/S2446-622020217Extra-B938p.378-383

Image Sources: Google Images