Teknologi merupakan hal yang lumrah dan tidak dapat lagi dipisahkan satu sama lain dalam kehidupan modern saat ini. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, dunia maya  akan terus berkembang. Selain area sosial, mesin virtual ini juga berisi aktivitas ekonomi. Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan cryptocurrency telah menarik perhatian. Pengembangan cryptocurrency pertama dimulai pada 2008, ketika white paper Bitcoin dibuat dan diterbitkan di seluruh dunia (Guo & Donev, 2020).

Efek jaringan Indonesia menyebar lebih cepat  daripada  negara lain dengan efek jaringan paling sedikit di Amerika Serikat. Onfo, J.R. Menurut  pernyataan Forsythe, jika Indonesia tidak memiliki sistem pinjaman nasional, pasar dan perkembangan  cryptocurrency di Indonesia akan tumbuh lebih cepat dibandingkan negara lain karena peningkatan penggunaan smartphone dan dampak COVID-19 pandemi (Vanya, 2020).

Cryptocurrency telah disahkan di Indonesia berdasarkan Peraturan BAPPEBTI No. 5 Tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Aset Digital (Cryptocurrency) di Bursa Berjangka. Pada Juli 2019, peraturan ini menjadi Peraturan BAPPEBTI No. 9 Tahun 2019. Akibatnya, sementara peraturan ini memberikan relaksasi persyaratan modal, Aturan yang baru  juga memperkuat persyaratan lainnya. Dari aset kripto ini, dapat diperdagangkan secara legal berdasarkan peraturan yang ada. Ini harus dilakukan oleh BAPPEBTI atau perusahaan, di mana di antaranya terdaftar di blockchain.

Menurut survei tim blockchain Onfo pada April 2020, Indonesia memiliki 11 juta pengguna cryptocurrency dan populasi sekitar 270 juta atau sekitar 27,9 juta (Vania, 2020). Meskipun penggunaan cryptocurrency telah dilegalkan, namun masih menimbulkan banyak kontroversi, dan potensi penyalahgunaan cryptocurrency masih sangat tinggi. Ini karena cryptocurrency memiliki sistemnya sendiri dan berbeda dengan aset istilah lainnya.

Salah satu hal yang perlu diingat ketika melegalkan penggunaan cryptocurrency adalah pengumpulan pajak. Peraturan BAPPEBTI Pasal 3 Ayat 2  5 Huruf e menegaskan bahwa perdagangan aset kripto dapat membawa manfaat ekonomi seperti pertumbuhan industri TI, keahlian  TI dan pajak. Peraturan ini tidak mengatur atau menjelaskan pengurangan pajak untuk cryptocurrency. Cryptocurrency juga ditandai dengan desentralisasi atau desentralisasi. Dengan kata lain dikendalikan atau tidak dikendalikan oleh pemerintah pusat, termasuk bank sentral. Dalam hal ini, nilai mata uang kripto tidak bergantung pada guncangan ekonomi dan inflasi negara.

Di sisi lain, menurut sebuah studi oleh Omri dan Marian (2013),  cryptocurrency secara teoritis tidak dapat ditemukan, dan  cryptocurrency mendapatkan kepercayaan dan popularitas di antara pengguna, dan  ukuran pasar diperkirakan akan tumbuh. Pajak safe haven bebas bea, yang memberikan alternatif yang hampir sempurna untuk  (Marian, 2013). Menurut penelitian Evaldas dan Linas (2015),  penghindaran pajak sebagian dapat dijelaskan dengan menganalisis faktor-faktor yang berkaitan dengan interaksi sosial dan karakteristik sosial individu (Stankevicius & Leonas, 2015).

Menurut  Dyah dan Yoyo (2018), moralitas dan pemahaman perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak (Purnamasari & Sudaryo, 2018). Hal ini tentunya akan mempengaruhi penghindaran pajak jika wajib pajak bertanggung jawab secara moral dan beritikad baik.  Penghindaran pajak dapat terjadi dengan latar belakang ini, adalah hasil investigasi sebelumnya, dan adalah tren yang berkembang dalam penggunaan cryptocurrency di Indonesia. Seperti yang dijelaskan Omri dan Mariana (2013) studi bahwa cryptocurrency adalah alternatif baru untuk penghindaran pajak, hal ini karena Indonesia tidak memiliki undang-undang perpajakan yang secara khusus mengatur penggunaan cryptocurrency. Oleh karena itu, tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui dampak dari pengetahuan hukum perpajakan, yang merupakan tanggung jawab moral pengguna cryptocurrency atas penggelapan pajak

Cryptocurrency adalah jenis mata uang baru berdasarkan teknologi blockchain. Ilmu di balik cryptocurrency juga baru dan unik, dan para peneliti ingin menemukan sesuatu di dalamnya. Menurut penelitian Jiang dan Wang 2020 tentang tren penelitian  cryptocurrency dari 2009 hingga 2019, cryptocurrency akan menjadi fokus penelitian baru dan dapat menyebabkan peningkatan tajam (Jiang et al., 2020).

Tanggung jawab moral berarti bahwa orang atau kelompok lain harus dimintai pertanggungjawaban atas pelanggaran suatu pihak terhadap Kode Etik  yang menyimpang dari aturan itu dan berperilaku dengan cara yang tidak dapat diterima. (Wisneski et al., 2013). Menilai apakah seorang individu secara moral bertanggung jawab  atas tindakan mereka dan menyalahkan orang lain dan diri mereka sendiri  atas tindakan mereka dan konsekuensi dari tindakan tersebut adalah bagian dasar dan kebiasaan dari praktik moral dan hubungan interpersonal (Moya, 2019). Penilaian bahwa seorang individu secara moral bertanggung jawab atas tindakan seseorang dikaitkan dengan  kekuatan dan kemampuan tertentu, bekerja pada keterampilan dan kemampuan yang ada, dan dilatih pada kemampuan dan kemampuan yang ada.

Pajak merupakan salah satu sumber penerimaan negara yang paling penting. Oleh karena itu, undang-undang perpajakan seperti PPN, PPnBM, PBB, PPh, pemungutan pajak, amnesti dan peraturan lainnya telah diundangkan. Penghindaran pajak adalah rencana untuk meminimalkan pajak, tetapi tidak  melanggar undang-undang perpajakan. Penggelapan pajak masih menjadi wilayah abu-abu. Artinya, antara kepatuhan pajak dan penghindaran pajak. Menggunakan celah pajak  untuk menghindari pajak. Hal ini tidak melanggar undang-undang perpajakan yang berlaku, tetapi tidak memenuhi tujuan yang telah ditetapkan (Josua TP, 2020).

Dalam teori perilaku terencana, persepsi pengendalian didasarkan pada gagasan individu tentang perilaku yang dapat diprediksi dan ketersediaan sumber daya berupa peralatan, kesesuaian, fungsi dan fungsi yang menentukan  ruang lingkup peran sumber daya tersebut.  ditentukan (kekuatan regulasi atas kinerja perilaku ini) (Mahyarni, 2013). Penelitian ini menggunakan pengetahuan pajak  sebagai kontrol perilaku untuk penghindaran pajak. Hal ini dikarenakan literasi pajak dapat dijadikan sebagai sumber pengetahuan untuk memahami undang-undang perpajakan yang berlaku dan menyusun strategi perpajakan. Pengetahuan perpajakan adalah informasi yang dapat digunakan Wajib Pajak sebagai dasar tindakan, keputusan dan arahan atau strategi tertentu yang berkaitan dengan pemenuhan hak  dan kewajibannya di bidang perpajakan. (Handoko dkk., 2020).

Hubungan antara variabel pengetahuan pajak dan variabel penghindaran pajak didasarkan pada teori perilaku terencana, dengan pengguna cryptocurrency memantau penghindaran pajak. Memahami kebijakan dan aturan pajak wajib pajak  membantu wajib pajak menerapkan sistem perpajakan mereka dan meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan. Pengetahuan perpajakan merupakan bagian penting dari kepatuhan sukarela, terutama dalam menentukan kewajiban perpajakan yang benar (Alkhatib et al., 2020). Oleh karena itu, pengetahuan perpajakan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi penentuan langkah-langkah yang diperlukan untuk memenuhi  kewajiban.

Etika pajak mengacu pada masalah warga negara untuk mengevaluasi kewajiban moral mereka untuk membayar pajak, untuk memaksakan kewajiban moral pada mereka, dan untuk membenarkan mereka di luar dasar hukum pembayaran pajak  (Kirchgässner, 2010). Jika seseorang memiliki tanggung jawab moral yang tinggi,  otomatis dia akan melakukannya tanpa berpikir untuk menghindarinya. Dalam penelitian ini, hubungan antara variabel tanggung jawab moral dan  penghindaran pajak berpendapat bahwa tanggung jawab moral merupakan salah satu faktor yang mendukung niat pengguna cryptocurrency ketika mereka memutuskan untuk menghindari pajak.

Daya dan Yoyo (2018) menunjukkan bahwa moralitas wajib pajak merupakan motivator penting pembayaran pajak terkait kewajiban perpajakan, dan bahwa kesopanan wajib pajak berbeda dengan  wajib pajak yang tidak bertanggung jawab. Helda (2010) menggambarkan literasi pajak sebagai pengetahuan  perpajakan dari  wajib pajak. Hal ini berlaku baik dalam hal tarif pajak berdasarkan aturan yang berlaku maupun dalam hal manfaat dan insentif yang diterima wajib pajak (Handoko et al., 2020). Metrik yang digunakan untuk mengukur pengetahuan variabel pajak adalah yang digunakan pada oleh Poudel et al (2018) dan  Purnamasari & Sudaryo (2018).

DAFTAR PUSTAKA

  • Alkhatib, A. A., Hamad, M. Z., & Hermas, M. D. (2020). The Impact of Tax Ethics and Knowledge on Tax Compliance among Palestinian Taxpayers. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 10(6), 231–237
  • Guo, X., & Donev, P. (2020). Bibliometrics and Network Analysis of Cryptocurrency Research. Journal of Systems Science and Complexity, 33(6), 1933–1958.
  • Handoko, Y., Nagian, T., & N Simorangkir, E. (2020). The Effect of Tax Knowledge and Tax Sanctions on Taxpayer Compliance at the Tax Office (KPP) Pratama, Medan Timur through Tax Awareness as an Intervening Variable. International Journal of Research and Review, Vol.7 No.(E-ISSN: 2349-9788; P-ISSN: 2454-2237), 294–302.
  • Jiang, S., Li, X., & Wang, S. (2020). Exploring evolution trends in cryptocurrency study: From underlying technology to economic applications. Finance Research Letters, January, 101532
  • Mahyarni. (2013). Theory Of Reasoned Action dan Theory Of Planned Behavior (Sebuah Kajian Historis tentang Perilaku). Jurnal El-Riyasah
  • Purnamasari, D., & Sudaryo, Y. (2018). The Effect of Knowledge Taxpayer, Moral Taypayer and Tax Sanctions on Taxpayers Compulsory. International Journal of Trade, Economics and Finance, 9(5), 214– 219
  • Stankevicius, E., & Leonas, L. (2015). Hybrid Approach Model for Prevention of Tax Evasion and Fraud. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 213, 383–389
  • Wisneski, D. C., Morgan, G. S., & Bauman, C. W. (2013). Moral Responsibility. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Image Sources: Google Images